by

HMJ IQTAF IAIN Cirebon Peringati Hari Pahlawan

CIREBON, SC- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara webinar, Selasa (23/11/2021).

Webinar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini berlangsung secara online bertema “Jadikan Semangat Pahlawan Untuk Terus Berjuang dalam Setiap Insan”.

Ketua pelaksana acara, Cut Mutia mengatakan, tujuan kegiatan webinar tersebut adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Sebenarnya Hari Pahlawan biasa diperingati pada tanggal 10 November, yang mana itu sudah terlewati. Tetapi sejatinya mengenang jasa para pahlawan itu bisa kapan saja untuk mendorong semangat,” katanya.

Bahkan, Ketua Umum HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon, M Hisam menjelaskan, mahasiswa sangat penting memiliki semangat juang yang tinggi seperti para pahlawan terdahulu. Hal itu untuk mencapai tujuan yang baik dan bermanfaat bagi agama, bangsa, serta negara.

“Kita sebagai mahasiswa harus bisa mencontoh semangat juang pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” ujar dia.

Pasalnya, imbuh Hisam, di era sekarang penjajahan itu masih ada. Tetapi penjajahan tersebut dalam bentuk baru, seperti salah satunya teknologi.

“Maka dari itu kita jangan sampai terlena dan terbawa arus teknologi terutama berita-berita bohong (hoaks). Sebagai mahasiswa kita harus bisa mengantisipasi hal-hal tersebut.” Kata Hisam.

Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, H Muhammad Maimun MA MSi pun mengapresiasi kegiatan webinar Hari Pahlawan.

BACA JUGA: Miliki 29 Prodi, Jumlah Fakultas di IAIN Cirebon Bisa Menyusul setelah SK UISSI Diterbitkan

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut mahasiswa dapat mencontoh semangat para pahlawan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus mencontoh semangat juang pahlawan, agar kita bisa terus semangat. Mahasiswa menjadi semangat belajar, semangat berkarya, dan sebagainya. Dan kita juga harus menjadi pahlawan, minimal menjadi pahlawan untuk diri sendiri,” ujarnya. (Ril)

Comment