SUMBER, SC- Masyarakat di sekitar wilayah Sport Center Watubelah Kecamatan Sumber tidak perlu khawatir dengan penggunaan Sarana Olah Raga (SOR) sebagai tempat informasi dan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Juru bicara Gugus Tugas pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana menegaskan, SOR Watubelah bukan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Bahkan, kata dia, penggunaan tempat tersebut sesuai dengan instruksi Presiden dan Gubernur terkait adanya rencana pemeriksaan cepat melalui rapid tes.

“Kita akan melakukan lokalisasi, makanya kita butuh tempat,” ujarnya, Senin (23/3/2020).

Nanang menjelaskan, tempat tersebut akan digunakan sebagai tempat pemeriksaan sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sehingga, dipastikan tidak akan terjadi transfusi penularan kemana-mana.

“Jadi bukan untuk isolasi, namun untuk pemeriksaan sementara terhadap orang dalam pantauan (ODP), kalau seandainya harus dirawat maka kita antarkan ke rumah sakit rujukan,” jelasnya.

BACA JUGA: Menanti Droping Alat Rapid Tes Covid-19

Menurut Nanang, pihaknya menjamin area sekitar SOR Watubelah aman karena karena penularan Covid-19 bukan melalui udara. Melainkan melalui droplet atau percikan dari batuk atau bersin yang jaraknya hanya satu meter.

“Penularannya kan lewat droplate atau percikan dari batuk atau bersin dan sifatnya hanya satu meter. Makanya kita dilarang bicara berdekatan, kasih jarak satu meter,” terangnya.

BACA JUGA: Cegah Covid-19 Bisa Pakai DD

Dia menambahkan, rapid tes yang akan dilakukan, yaitu untuk masyarakat yang masuk kategori ODP terlebih dahulu. Orang dengan kategori ODP belum tentu akan dirujuk ke rumah sakit. Selain itu, kalaupun ada ODP infeksius yang mencuci tangan dan aktivitas lainnya di ruang lokalisasi, airnya tersebut dipastikan masuk ke septictank yang sudah biotech.

“Barangkali ada infeksius, terus cuci tangan dan lainnya itu sudah masuk septictank,” papar Nanang.

Dia menjelaskan, tempat tersebut (SOR Watubelah) diperlukan untuk memberi pemahaman tentang isolasi diri di rumah masing-masing. Mereka akan diberi pemahaman mulai dari pemakaian masker, cara makan, tidur yang harus terpisah hingga makan dengan cara terpisah.

“Eggak usah takut, enggak ada transmisi melalui udara,” papar Nanang.

BACA JUGA: Kuliner Khas Cirebon Sepi Pembeli

Oleh karennya, pihaknya mengimbau masyarakat sekitar SOR Watubelah untuk tidak panik. Karena kepanikan justru akan membuat daya imun menurun yang berpotensi terpapar. (Islah)