Kota Cirebon Menjadi Tumpuan Penanganan Covid-19, Sejauh ini warga yang telah memeriksakan diri di RSD Gunung Jati (RSGJ) terbanyak dari Kabupaten Cirebon yaitu sebesar 35,3%, diikuti Kota Cirebon 26,5%, Kuningan 7,4%, Majalengka 4,4%, Indramayu 2,9%, dan dari daerah lainnya sebanyak 23,5%. Dari jumlah tersebut, 7,4% diantaranya adalah WNA, seperti dari Cina dan Filipina.

DALAM menangani Covid 19, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mendapat dukungan dari DPRD Jawa Barat. Hal itu semakin memantapkan langkah Pemda Kota Cirebon dalam menangani masalah tersebut.

Dari 66 orang yang telah memeriksakan diri, 22 orang tidak masuk kriteria salah satu dari kategori penderita Covid-19, 35 orang kategori ODP, 8 orang kategori PDP, dan 1 orang terkonfirmasi positif. Bahkan, RSGJ telah merujuk pasien sebanyak 4 orang ke rumah sakit lain dikarenakan rumah sakit ini penuh.

Diketahui, 1 orang pasien yang terkonfirmasi positif, saat ini dalam kondisi sehat, tetapi baru diperbolehkan pulang apabila hasil swab sebanyak 2 kali menunjukkan hasil negatif. Data tersebut seperti Press Release
Penanganan Covid-19 di RSDJ Kota Cirebon yang dikeluarkan rumah sakit ini.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengungkapkan, Kota Cirebon menjadi tumpuan utama dalam penanganan Covid-19 untuk daerah sekitar. Untuk itu, pihaknya terus mendorong jajarannya di bidang kesehatan untuk selalu serius dalam menangani pasien Covid-19 dan memastikan para pasien mendapat perawatan yang baik hingga sembuh.

“Sejumlah usulan terutama terkait kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis dan anggaran telah kami sampaikan,” katanya, Senin (23/3/2020).

BACA JUGA: PT KAI Daop III Cirebon Cegah Coronavirus

Eti mengimbau, kepada masyarakat untuk mengikuti arahan dari Pemda Kota Cirebon untuk memangkas penyebaran Covid-19, meskipun kesiapsiagaan Pemerintah khususnya dalam penambahan ruang isolasi telah dilakukan dalam rangka antisipasi.

“Sosialisasi ke masyarakat juga terus dilakukan agar mereka tidak panik dan tetap waspada terhadap penyebaran covid 19. Penanganan pasien kami lakukan maksimal, dan terus kami dorong agar semua pasien covid 19 bisa sembuh,” ujarnya.

BACA JUGA: Ruas Jalan di Kota Cirebon Disemprot

Anwar Yasin, Anggota DPRD Jabar menuturkan, Kota Cirebon meskipun kota kecil akan tetapi memiliki fungsi strategis dalam penanganan pasien Covid-19 untuk daerah sekitarnya seperti Kabupaten Cirebon, Majalengka bahkan Indramayu.

“Masyarakat kami minta juga turut membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, dimulai dari hal yang terkecil,” pungkasnya. (M Surya)