KOTA CIREBON, SC- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Provinsi Jawa Barat selama tiga hari berturut-turut, Jumat sampai Minggu (15-17/5/2020) membagikan paket sembako kepada seluruh pengurus di tingkat PAC hingga ranting.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jawa Barat, Ono Surono mengatakan, paket sembako hari ini dibagikan kepada pengurus PAC sampai anak ranting dalam naungan DPC PDIP Kota Cirebon.

“Kota Cirebon itu jumlah pengurus PAC-nya 1195 orang, ada 5 ranting, dan ada 20 sisanya anak-anak ranting,” kata Ono kepada media usai memberikan simbolis paket sembako kepada pengurus PDIP Kota Cirebon, di Kantor DPC PDIP Kota Cirebon, Jalan Pangeran Ponegoro, Jumat (15/5/2020).

Ia mengatakan, ribuan paket sembako tersebut merupakan hasil dari gotong-royong seluruh anggota dewan dari DPR RI sampai dengan DPRD kota/kabupaten se Jawa Barat.

“Kita ingin berbagi rezeki kepada seluruh pengurus karena ini merupakan gerakan gotong-royong dari anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota,” ujarnya.

Baca Juga: Proses Verval Bertele-tele, Bantuan Pemprov Jabar Baru Mengcover DTKS

Ono berharap, pembagian paket sembako ini bisa membantu pengurus partai sampai tingkat anak ranting dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, kata legislator DPR RI dari Dapil 8 Jawa Barat ini mengatakan, pengurus DPP dan DPD telah mengintruksikan seluruh anggota DPR RI sampai kabupaten kota untuk terus melakukan bantuan kepada masyarakat kecil.

Seperti reses kali ini, lanjut Ono, tida mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Sebab akan menimbulkan permasalahan dan menyalahi aturan saat pandemi Covid-19 ini. Namun, dana untuk reses bisa digunakan untuk paket sembako.

“Jadi tidak mengumpulkan orang, tapi uang reses itu bisa digunakan untuk paket sembako yang akan dibagikan ke masyarakat. Sehingga DPD ini mengintruksikan kepada seluruh anggota DPR RI dan DPRD Provinsi untuk membagikan paket sembako sesuai dengan ketentuan yang diatur di DPR RI,” ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Tuding Pemkab Cirebon Belum Refocusing Anggaran

Ono menjelaskan, untuk sistem pembagian paket sembako ini dilakukan secara step by step, sesuai tingkat kepengurusan partai.

“Distribusi pembagiannya dari DPC ke PAC, kemudian dari PAC dibagikan ke Tanting, dan dari Ranting dibagikan ke anak ranting. Pembagiannya door to door kalau dikumpulkan banyak orang khawatir,” jelasnya.

Secara bersamaan, Ketua DPC PDIP Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati mengatakan, pembagian paket sembako tersebut akan dilaksanakan mulai besok secara serentak.

“Karena hari ini kami hanya melakukan simbolis saja, Insyaallah pembagian mulai besok (Sabtu) ,” kata Fitria.

Baca Juga: Katanya Bisa Deteksi Peredaran Daging Babi Melalui GPS, Netty: Mana Hasilnya?

Adapun maksud dan tujuan dibagikannya paket sembako kepada seluruh pengurus PDIP di Kota Cirebon, kata dia, karena mendekati lebaran dan masa pandemi Covid-19.

“Kita juga memperhatikan seluruh anggota PDI Perjuangan. Karena kondisi saat ini sangatlah sulit untuk kawan-kawan PDI mencari nafkah dan rezeki apalagi saat ini sedang adanya PSBB,”pungkasnya. (M. Surya)