MAJALENGKA, SC- Sejumlah cabang olahraga (cabor) yang berada di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Majalengka mempertanyakan kejelasan dana hibah dari pemerintah daerah, yang hingga saat ini belum diterima. Padahal dana hibah untuk pembinaan cabor itu sangat diperlukan untuk pembinaan atlet serta keperluan lainnya.

Menurut pengurus sejumlah cabor di bawah naungan KONI Majalengka, hingga saat ini belum ada kepastian pencairan dana pembibitan dan pembinaan  bagi pengcab cabor. Sementara cukup banyak kebutuhan yang harus dipenuhi guna menunjang aktivitas pencab.

”Sudah beberapa kali pengurus mempertanyakan masalah dana pembinaan yang berasal dari hibah Pemkab Majalengka, jawabannya berubah-ubah dan belum ada pencairan sama sekali,” ujar salah seorang pengurus pengcab di Majalengka, Rabu (16/9/2020).

Ketua KONI Majalengka, Bakti Nugraha kepada Suara Cirebon membenarkan bahwa hingga saat ini belum ada pencairan dana samasekali pada Pencab. Hal itu disebabkan oleh belum diterimanya dana hibah Pemkab Majalengka oleh KONI.

“Betul, sampai hari ini belum ada Pengcab yang menerima anggaran, ini disebabkan oleh belum diterimanya dana hibah dari Pemkab Majalengka,” katanya.

Bakti mengatakan, sangat memahami kondisi yang dihadapi oleh Pengcab, tetapi pihaknya juga tidak dapat berbuat banyak. Belum adanya anggaran membuat aktivitas organisasi menjadi agak tersendat akibat terkendala biaya operasional. Pihaknya juga sudah beberapa kali mengupayakan agar dana hibah dapat segera dicairkan, selanjutnya dibagikan pada Pengcab.

“Kondisi ini juga diakibatkan pandemi Covid-19, yang memaksa pemerintah melakukan pemangkasan anggaran, termasuk juga dana hibah untuk KONI, dan kami sudah mengupakan, informasi terakhir katanya menunggu perubahan anggaran,” jelasnya.

BACA JUGA: Operasi Masker akan Dilakukan 24 Jam

Ia menambahkan, untuk besaran dana yang diajukan oleh KONI pada Pemkab Majalengka sebesar Rp1 miliar. Namun, dengan kondisi yang terjadi saat ini, besaran anggaran yang diajukan informasinya kemungkinan tidak terpenuhi.

”Tetapi kami tetap berharap Pemkab Majalengka dapat memenuhi pengajuan dana hibah sesuai dengan yang diajukan,” harapnya. (Dins)