KABUPATEN CIREBON, SC- Bangunan semi permanen yang digunakan sebagai tempat lapak penjualan buah di pinggir jalan depan Kantor Kuwu Arjawinangun, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, terbakar sekitar pukul 23.52 WIB, Selasa (15/9/2020).

Banyaknya material yang  mudah terbakar ditambah kencangnya tiupan angin membuat bangunan dengan mudah dilalap api. Dalam waktu singkat semua bagian bagunan ludes terbakar.

Meski mobil pemadam kebakaran (damkar) segera tiba di lokasi, namun api dengan cepat telah menjalar ke bangunan di sekitarnya. Akibatnya, dua bangunan semi permanen lainnya yakni lapak milik Elisah penjual sayuran dan beras serta toko milik David, sempat dijalari api.

Beruntung, berkat kesigapan petugas damkar yang mengerahkan tiga unit armadanya dibantu warga sekitar, api akhirnya bisa dijinakan, Rabu (16/9) sekitar pukul 01.10 WIB.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sujana menuturkan, petugas Pos Jaga Damkar Arjawinangun menerima informasi warga adanya kebakaran di lokasi tersebut sekitar pukul 23.52 WIB.

“Namun saat petugas kami datang, mendapati api sudah membesar dan mulai menjalar ke lapak penjual sayur yang berada tak jauh dari titik awal,” kata Eno kepada awak media.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian tersebut. Diduga, penyebab kebakaran lantaran perilaku oknum yang membuang puntung rokok sembarangan. Lebih jauh, Eno mengimbau masyarakat waspada terhadap ancaman kebakaran.

BACA JUGA: Gegara Puntung Rokok Warung Ludes Terbakar

“Musim kemarau, potensi kebakaranpun tinggi. Kami imbau masyarakat berhati-hati,” katanya.

Sementara itu, pihak terkait belum bisa memberikan keterangan jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut. (Noviana)