by

Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Cempaka Arum

Dipilih Polres Sebagai Percontohan

SEBULAN ini ada pemandangan berbeda di Perumahan Cempaka Arum. Saat masuk pertigaan Jalan Flamboyan 1 ada tulisan Kampung Tertib Lalu Lintas.

Nuansa tertib lalu lintas di jalan poros perumahan yang masuk wilayah Desa Wanasaba Lor, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon langsung terasa saat masuk kawasan itu. Tak sekadar tulisan, di jalan tersebut juga terpasang marka dan rambu-rambu lalu lintas, yang dibuat tak ubahnya jalan raya utama.

Menurut warga perumahan setempat, Mashudi (42), dibentuknya jalan utama Perumahan Cempaka Arum sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, merupakan inisiatif Satlantas Polres Cirebon. Sebagai warga, Mashudi mengaku sangat mendukung langkah yang diambil pihak kepolisian dalam mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan menjadikan komplek tersebut sebagai proyek percontohan. 

Pasalnya, lanjut Mashudi, lalu lintas di jalan utama komplek tersebut sangat padat. Terlebih saat jam berangkat kerja dan pulang kerja.

“Walaupun masih belum selesai karena marka, rambu-rambu dan gapura belum semua dibuat, tapi di sini kalau malam jadi terang dari beberapa titik lampu yang terpasang,” lanjut Mashudi.

Dikatakan, bentuk dukungan warga terhadap program Satlantas Polres Cirebon itu diberikan dalam bentuk swadaya. “Pengerjaannya dari kepolisian, tapi kami warga juga berpartisipasi. Sebagian ada swadaya warga sini juga,” ujarnya. 

Terpisah, Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto melalui Kasat Lantas Polres Cirebon, AKP Ahmat Troy Aprio mengatakan, Kampung Tertib Lalu Lintas tersebut merupakan program Satlantas untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas. Kawasan perumahan tersebut dipilih sebagai proyek percontohan karena dari beberapa titik lokasiyang sudah di survei, hanya Perumahan Cempaka Arum yang cocok dijadikan percontohan.

Alhamdulillah masyarakat sangat mendukung sekali dengan adanya program kampung tertib lalu-lintas ini. Di perumahan itu masyarakatnya pun berkomitmen dan siap bersama-sama menciptakan kampung mereka sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas,” papar Ahmat Troy, Rabu (12/12/2018).

Menurut Kasat Lantas, selain untuk menggugah kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas, program tersebut juga bertujuan menjadikannya sebagai contoh bagi kecamatan dan kelurahan lain di Kabupaten Cirebon. “Dengan adanya Kampung Tertib Lalu Lintas ini, kami berharap mampu menekan angka kecelakaan dan membantu jajaran Satlantas untuk mengurangi kecelakaan,” tukasnya.

Setelah program di kawasan tersebut resmi launching, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan hal yang sama di beberapa kampus Kabupaten Cirebon. “Nanti akan kita lakukan juga di kampus-kampus dengan sasaran mahasiswa, agar dapat menyosialisasikan ke teman-teman, keluarga, dan masyarakat,” kata AhmatTroy.

Pihaknya menjadwalkan launching Kampus Tertib Lalu Lintas pada awal tahun 2019 mendatang. “Kami juga akan launching itu dan dipilih Universitas Muhammadiyah Cirebon yang ada di Kabupaten Cirebon,” tambahdia. (Islah)

Comment

News Feed