by

Humas Setda Kab.Cirebon Kunjungi Gianyar, Bali

GIANYAR, SC- Jajaran humas Setda Kabupaten Cirebon dipimpin Kabag Humas Setda, Iwan Ridwan Hardiawan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (5/12/2018).

Turut dalam kunjungan kerja tersebut beberapa ASN Pemkab Cirebon seperti, Sekdis Kominfo, Yadi Wikarsa, Sekdis BKAD, Jajang Sofyan, Kabid Pemdes DPMD, Nanan dan sejumlah wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun media on line.

Kedatangan rombongan di kantor Bupati Gianyar disambut Sekdis Kominfo Kabupaten Gianyar I Gede Daging. Usai pertemuan, kedua belah pihak saling memberikan plakat daerah masing-masing. 

Kabag Humas Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan, mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja Pemkab Cirebon di bidang kehumasan. Pihaknya memilih Gianyar sebagai kabupaten yang dikunjungi, karena Gianyar dinilai sebagai kabupaten berprestasi. Pada tahun 2015, Gianyar sukses mengelola media center dan mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Menurutnya, keberhasilan kehumasan Gianyar mengelola media center itu dinilai punya peran signifikan dalam mendongkrak kemajuan pariwisata di Gianyar. “Gianyar merupakan kabupaten berprestasi mengelola media center, itu yang mendasari kunjungan kami ke Kabupaten gianyar. kunjungan ini untuk mendapat referensi pengelolaan media center yang baik,”ujar Iwan. 

Menurut Iwan, pihaknya merasa ingin mengetahui faktor yang mendasari keberhasilan kehumasan Gianyar yang sukses mengelola media center. Pasalnya, lanjut Iwan, pihaknya juga pada dasarnya sepakat bahwa keberadaan media berkontribusi positif bagi kemajuan pembangunan.

“Kehumasan dan media harus bersinergi, untuk itu perlu dibuat media center terkait program pengelolaan keterbuakaan informasi publik,”ujarnya.

Iwan berharap agar kegiatan berdampak positif dan di beri hasil positif secara bersama-sama antara pemerintah dan media. dan media adalah salah satu elemen yang tidak terelakan, kalau ingin jadi pemerintahan yang kekinian,” ungkap Iwan. 

Sementara, Sekdis Kabupaten Gianyar, I Gede Daging, mengatakan, keberhasilannya dalam mengelola media center karena tak lepas dari peran media. Bahkan, pihaknya juga menerbitkan koran Paswara yang terbit tiga kali dalam satu bulan. Peredaran koran tersebut dilakukan hingga ke jajaran pemerintahan tingkat desa. “Bahkan, kami juga membayar wartawan yang menulis beritanya di koran kami,”tuturnya.

Selain memiliki koran, Pemkab Gianyar juga memiliki websit, media online dan radio. Media tersebut, imbuh I Gede Daging, sengaja diterbitkan sebagai media promosi Pemkab Gianyar kepada masyarakat, khususnya mempromosikan sektor pariwisata. “Disini bupati biasa menggelar coffe morning setiap satu bulan sekali dengan wartawan. kami tidak ada batasan dengan media, justru kami memberi kebebasan wartawan untuk memberi kritikan yang membangun,”ujarnya. (Islah)

Comment

News Feed