by

40 Warga Citemu Tak Miliki WC

MUNDU, SC- Peran serta masyarakat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat, perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama Pemerintahan Desa dan Dinas  Kesehatan. Salah satu bentuk kepedulian Dinas Kesehatan adalah dengan melakukan pendataan kesehatan warga yang didalamnya adalah meningkatkan pemahaman  masyarakat untuk membiasakan Buang Air Besar (BAB) pada tempat yang layak.

Hal itu disampaikan salah seorang Petugas UPT Kesehatan Mundu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Uus Sugema, saat melakukan pendataan terhadap warga Desa Citemu yang belum memiliki Woter Close (WC).

“Dari data yang kami miliki, masih ada sekitar 40 warga  Desa Citemu yang belum memiliki WC, oleh karenanya kami melakukan pendataan sekaligus sosialisasi, agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatan, baik dari segi makanan maupun lingkungan sekitar.  Untuk warga yang belum memiliki kakus, nantinya kami bicarakan dengan pihak Pemdes, supaya bisa dianggarkan untuk pembangunan WC yang pendanaannya sesuai alokasi dana yang tersedia,” ungkap Uus kepada Suara Cirebon, Senin (7/10/2019).

Sementara itu, salah seorang Kader Pos Yandu yang turun serta dalam melakukan pendataan, Nur  Hayati, menjelaskan sebelumnya warganya tidak memiliki WC sebanyak 60 keluarga, namun, saat ini sudah berkurang,  tinggal sekitar 40 warga yang belum memiliki WC.  “Insya Allah, setelah dilakukan pembahasan dengan pihak Pemdes, pembangunan WC bagi warga yang belum memiliki segera bisa terealisasi,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan, Kodori (40) warga RT 02/01 Blok Semboja Timur, dirinya meminta bantuan dari pihak Pemdes, agar warga yang belum memiliki WC segera bisa diberikan bantuan dana agar segera bisa memiliki WC yang sesuai, agar masyarakat tidak selalu BAB di sembarang tempat. “Karena akan berdampak pada kesehatan dan kebersihan lingkungan ,” kata Kodori berharap.  (Agus) 

Comment