by

Bupati Cirebon Apresiasi Karya Seni Pemuda Slangit

KABUPATEN CIREBON, SC-. Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi sangat tinggi kecintaannya terhadap kesenian, khususnya kesenian di Kabupaten Cirebon. Hal itu dibuktikan dengan membeli hasil karya seni anak muda asal Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Senin (18/05/2020).

Menurut  tokoh pemuda pelopor Kabupaten Cirebon, Wasnadi, bupati membeli hasil kesenian berupa baju kampret dan sarung komboran juga wayang tokoh Semar. “Beliau mengungkapkan bahwa seniman muda dan seniman yang lain mesti dibangkitkan kembali agar kesenian khususnya di Kabupaten Cirebon dapat kembali bangkit dari tidurnya. Serta dapat memberikan kontribusi kesenian dunia yang berasal dari Kabupaten Cirebon,” katanya kepada Suara Cirebon.

Dikatakan, bupati juga sebenarnya punya keinginan memiliki panggung khusus para seniman Kabupaten Cirebon di hutan kota yang berada di Kecamatan Sumber agar seluruh seniman bisa memperkenalkan kesenian daerah kepada masyarakat Cirebon khususnya dan para wisatawan asing maupun domestik. Baik itu kesenian tari topeng, wayang, sandiwara, dan lainnya bisa menampilkan karya seninya kepada para wisatawan yang datang ke Kabupaten Cirebon.

“Tamu – tamu negara dan tamu dari pemerintah baik provinsi maupun pusat bisa kita suguhkan kesenian di alam terbuka dengan suasana alam yang asri. Namun, keinginan tersebut ditolak oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Cirebon dengan alasan yang belum diketahui,” tutur Wasnadi.

BACA JUGA: Zona Merah, Kabupaten Cirebon Perpanjang PSBB atau Tidak?

Wasnadi menyambut baik usulan Bupati Cirebon. Dirinya berharap suatu saat nanti anggota dewan dapat menyetujuinya agar para seniman di Kabupaten Cirebon bisa dapat kembali guyub bersatu kembali melestarikan kesenian daerah Kabupaten Cirebon.

Di sisi lain Wasnadi merasa bersyukur bupati Cirebon sangat mendukung dan dirinya sangat senang karena dipesanan langsung tokoh nomor satu di Kabupaten Cirebon. . “Harapan saya sih semoga Pemerintah Kabupaten Cirebon ya selalu memantau  supaya pemuda-pemuda yang ada di Kabupaten Cirebon tetap terus melestarikan kesenian tersebut dan menurut saya pribadi di Desa Slangit ini saya lagi perlu banget untuk disupport,” katanya. (Vicky)

Comment