by

Pemdes Sidawangi Luncurkan BLT DD

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Sidawangi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 dari sumber Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) lanjutan kepada 194 Kepala Keluarga (KK) bertempat di aula desa, Selasa (15/09/2020). 

Kuwu Sidawangi Yoni mengatakan, untuk penyaluran BLT DD ini merupakan lanjutan yang bersumber dari Dana Desa bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk tahap lanjutan ini pihaknya menyalurkan kepada 194 KK, dan setiap KK mendapatkan sebesar tiga ratus ribu rupiah dan itu sudah sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Terdapat penurunan yang diterima setiap KK, di tahap sebelumnya setiap KK mendapatkan enam ratus ribu rupiah, namun, di tahap empat ini setiap KK mendapatkan tiga ratus ribu rupiah dan diberikan untuk tiga bulan ke depan sehingga total yang diterima setiap KK sebesar sembilan ratus ribu rupiah.

“Dalam penyaluran BLT DD ini kami tetap mengedepankan protokoler kesehatan di masa pandemi Virus Corona saya mengimbau kepada masyarakat agar menaati imbauan pemerintah seperti mengunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M), semata-mata demi keselamatan diri dan keluarga serta masyarakat sekitarnya agar tidak terpapar Virus Corona,” tandasnya. 

Sementara itu, fasilitator Puskesos Sidawangi Maya mengatakan, untuk penyaluran BLT-DD tahap empat ini diberikan kepada 194 KK penerima bantuan diprioritaskan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau yang terkena PHK serta yang kesehariannya bekerja serabutan dan tentunya bagi masyarakat yang terdampak secara langsung adanya Covid-19.

Sementara untuk jumlah masyarakat yang sudah terdata mendapatkan bantuan dari sumber Bantuan Provinsi (Banprov) 96 KK, Bantuan Sosial Tunai Kemensos 90 KK, Bantuan kabupaten 107 KK, PKH dan BPNT dan perluasan 1.610 KK, dan BLT-DD untuk 194KK masih banyak warga di Desa Sidawangi yang belum terkaver bantuan.

Dengan Jumlah Warga Sidawangi yang cukup banyak namun minimnya sumber bantuan yang diterima Desa Sidawangi dirinya berharap masyarakat tetap menjaga kondusivitas di lingkungan masing masing.

BACA JUGA: Pemdes Sidawangi Sosialisasi Pencegahan Covid-19

“Kami tetap berupaya agar masyarakat yang belum terdata akan dimasukkan ke Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) sehingga dengan terdata di DTKS akan banyak manfaat yang akan didapat oleh masyarakat ke depannya.

Maya berharap bantuan yang diterima masyarakat dapat bermanfaat dan tentunya dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga, selain itu agar tetap menjaga kondusivitas di lingkungan masing-masing terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. (Vicky)

Comment