by

Tol Laut Proyek Strategis Nasional

KABUPATEN CIREBON, SC- Salah satu dari 23 proyek strategis nasional yang akan direalisasikan pembangunannya adalah tol laut. Untuk memastikan mega proyek tersebut bisa berjalan dengan baik, Staf Ahli Bidang Ketahanan Nasional Kemenko Polhukam Marsekal Muda TNI, Ahmad Sajili, menemui Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, di kantor Bupati, Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (1/10/2020).

“Kita melihat dalam kondisi pandemi ini berjalannya pemerintahan sejauh mana. Kita turun ke sini adalah, nantinya ada jalan langsung namanya tol. Jadi tol bukan hanya disebelah sini (selatan) tapi juga diwilayah sebelah utara,” ujar Ahmad Sajili.

Menurutnya, rencana proyek tersebut merupakan proyek strategis untuk menunjang pemulihan ekonomi kedepan. Sehingga, pembangunannya harus bisa dilaksanakan secara terintegrasi. Pihak Menko Polhukam secara spesifik bertugas mengintegrasikan pembangunan infrastruktur tersebut. “Tugas kita mengintegrasikan, setelah dapat data-data kita koordinasikan, kita awasi atau kendalikan. Kita harapkan ada sinergitas sepanjang pantura ini,” kata Sajili.

Ia menyampaikan, pembangunan infrastruktur yang dimaksud, ialah pembangunan tol laut dengan membangun pula pelabuhan-pelabuhan disepanjang pantura dan membangun kawasan industrinya juga. Pembangunan tersebut dipastikan melewati wilayah Kabupaten Cirebon. “Pasti lewat (Kabupaten Cirebon) sini, kalau disini terhambat nanti bagaimana. Jadi nanti sampai semarang dan surabaya, tol laut sebenarnya,” terang Sajili membeberkan proyek dimaksud.

Oleh karena itu, pihaknya turun langsung ke Kabupaten Cirebon untuk melihat secara langsung hambatan-hambatan yang terjadi sebenarnya. “Sejauh mana ini bisa mendukung berlangsungnya pembangunan tersebut. Karena sebenarnya ada 23 proyek strategis, salah satunya itu tol laut,” tukas Sajili. Ia berharap, ada sinergitas yang terbangun agar nanti bisa berkontribusi untuk pembangunan nasional. (Islah)

Comment