by

Perpustakaan Umum Kabupaten Cirebon Kembali Dibuka, Pelayanan Dibatasi

SUMBER, SC- Perpustakaan Umum Kabupaten Cirebon kembali membuka pelayanan. Pelayanan itu dibuka lagi, setelah beberapa waktu lalu ditutup dikarenakan Kabupaten Cirebon termasuk zona merah penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Fitri Nurlia Sari mengatakan, meski telah dibuka kembali, namun pelayanan dibatasi dan dilakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Salah satunya, jumlah pembaca di tempat dibatasi agar tidak terjadi penumpukan orang.

“Untuk saat ini boleh meminjam buku dan mengembalikan buku, tapi dilarang lama, harus langsung pulang setelah meminjam buku. Pelayanan kan sejak awal pandemi ditutup, biasanya kan ramai, setiap harinya hampir seratus orang yang berkunjung ke sini, tapi sekarang dibatasi,” kata Fitri kepada Suara Cirebon, saat ditemui di kantornya, Kamis (19/11/2020).

BACA JUGA: Optimis, Tahun 2021 IAIN Cirebon Jadi UIN

Fitri menambahkan, dibukanya kembali pelayanan, khususnya bagi yang ingin mengembalikan buku. Untuk peminjaman buku, lanjut Fitri, itu hanya dibolehkan kepada orang-orang tertentu, yang memiliki kepentingan mendesak.

“Ya itu juga bagi mahasiswa yang memang bener-bener membutuhkan.  Sebelumnya boleh meminjam dari bulan Agustus lalu, tapi karena kemarin-kemarin Kabupaten Cirebon masuk zona merah, jadi kembali dibatasi lagi untuk peminjaman buku waktu itu, sekarang kalo memang ada yang sangat membutuhkan, kami akan beri peminjaman buku,” katanya.

Pelayanan ini, lanjut Fitri, kemudian dimanfaatkan oleh pustakawan yang sedang melakukan Diklat di sini.

“Awalnya memang kita hanya menerima yang ingin mengembalikan buku, sekarang kebetulan pustakawan sedang mengadakan Diklat, jadi semua buku sedang disusun,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Fitri, pihaknya menargetkan bahwa perpustakaan umum tersebut akan dibuka pelayanan secara resmi di awal tahun 2021.

BACA JUGA: Delapan Guru di Kabupaten Cirebon Positif Covid-19

“Insya Allah pandemi ini kalau sudah berakhir, di Januari 2021, kalau sudah ada surat edaran dari Bupati, kita akan buka  kembali pelayanan secara normal, namun tetap menerapkan Prokes,” ujarnya.

Fitri berharap, pandemi ini akan segera berakhir, agar pihaknya bisa kembali memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ya semoga aja, pandemi ini cepat berakhir, para pelajar kan bakal sangat membutuhkan buku untuk belajar mereka, semoga tahun depan pandemi ini sudah hilang,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment