Tangis Harus Keluarga Menyambut Mereka, Kini RSUD Arjawinangun Tinggal Rawat 1 PDP dan 1 ODP

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak empat orang pasien Covid-19 telah dipulangkan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun. Ke empat pasien tersebut telah dinyatakan sembuh setelah menjalani protokol kesehatan di RSUD tersebut. Terakhir, pihak RSUD Arjawinangun memulangkan dua orang pasien pada Rabu 13 Mei 2020 (kemarin) sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka diantarkan pulang ke rumah masing-masing dengan kawalan petugas kesehatan menggunakan APD lengkap.

Direktur RSUD Arjawinangun, Bambang Sumardi mengatakan, jumlah total pasien yang sudah dipulangkan sejak Selasa hingga Rabu (12-13/5/2020) sebanyak empat orang. Dari empat pasien tersebut, kata Bambang, satu pasien di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan tiga orang lainnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Pasien terkonfirmasi positif itu sudah kita lakukan tes swab dua kali berturut-turut dengan hasil negatif. Dan yang PDP memang sudah dinyatakan sehat sehingga boleh pulang,” katanya.

Baca Juga: Pemdes Cibogo Gelar Musdesus BLT-DD

Bambang mengungkapkan, pemulangan ke empat pasien tersebut telah dilaporkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk tindakan selanjutnya. Artinya, pihak RSUD Arjawinangun sudah selesai melakukan perawatan terhadap empat pasien tersebut.

“Kita sudah memberikan laporan ke dinkes agar mereka dilakukan pemantauan. Kita juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemkab Cirebon yang telah mensupport rumah sakit dalam melakukan perawatan pasien Covid-19 ini,” ucap Bambang.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih melakukan perawatan kepada dua orang pasien. Kedua pasien itu, masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP). “Kita sekarang hanya merawat dua pasien saja. Tapi pasien ini memiliki comorbid, sehingga masih dilakukan perawatan di sini,” paparnya.

Sementara, di rumah pasien yang dinyatakan sembuh, suasana haru mewarnai proses penjemputan oleh pihak keluarga. Mereka tak bisa menahan tangis saat pasien tiba di rumah. Salah seorang keluarga mengaku bersyukur atas kesembuhan salah satu anggota keluarganya. Terlebih, kesembuhan itu terjadi di tengah bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur karena kita bisa berkumpul kembali. Semoga sehat terus dan tidak balik lagi ke rumah sakit,” ujar salah seorang keluarga yang enggan disebut namanya.

Baca Juga: Bupati Cirebon: Dewan yang Bilang Ngelantur Tidak Pernah Hadir Rapat

Dalam kesempatan itu, pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para petugas medis di RSUD Arjawinangun yang telah memberikan pelayanan maksimal.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua perawat dan petugas medis di RSUD Arjawinangun, juga kepada pemerintah daerah yang sudah merawat keluarga kami dengan sangat baik dan dinyatakan sembuh. Semoga semua petugas medis selalu diberikan kesehatan,” ujarnya. (Islah)