by

Rancangan Awal RPJMD 2019-2024 Disepakati

SUMBER, SC- Meski masih belum final, tapi Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 sudah disepakati dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (3/7). Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi usai mengikuti rapat paripurna mengatakan, ranwal yang sudah disepakati itu merupakan program lima tahun ke depan yang sudah disusun.

Menurut Imron, kendati belum final karena jawaban dari pihak DPRD masih dalam proses dan akan disampaikan dalam paripurna berikutnya, namun rancangan tersebut sudah mulai mengerucut ke program-program yang sudah disusun. “Tapi memang belum final, jawabannya nanti masih dalam proses,” ujar Imron.

RPJMD yang sudah disusun itu berdasarkan visi misi janji politik bupati dan wakil bupati terpilih. “Program sesuai visi misi kita soal kemiskinan, yang kita prioritaskan soal ekonomi, kesehatan dan pendidikan,” kata Imron.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mustofa menjelaskan, ranwal yang sudah disepakati merupakan hasil pembahasan pansus. Rancangan itu nanti akan menjadi panduan pemkab untuk melakukan tahapan-tahapan selanjutnya, seperti Musrenbang dan lainnya.

Menurutnya, setelah ranwal diimplementasikan untuk melengkapi poin-poin yang ada di RPJMD 2019-2024, nanti akan disampaikan kembali ke DPRD untuk dibahas.

“Untuk pembahasan rancangan akhir nanti akan lebih komprehensif, tapi bukan berarti sekarang tidak komprehensif. Karena sekarang kita dibatasi waktu untuk lebih efisien dan efektif,” ujar Mustofa.

Mengingat RPJMD harus sesuai dengan RPJP provinsi, maka tahapan selanjutnya ranwal akan dikirim ke provinsi. “Jadi tahapan berikutnya sampai september itu ada di Provinsi Jabar. Dan besok pihak eksekutif dibawa ke provinsi,” terangnya.

Setelah pembahasan di tingkat provinsi selesai, lanjut Mustofa, hasilnya akan dikembalikan lagi ke kabupaten. Karena tahapan perencanaan dan pembahasan juga memperhatikan akhir  masa jabatan (AMJ) DPRD provonsi dan kabupaten.

“Jadwal pembahasannya mempertimbangkan (AMJ) itu juga. Dan setelah sinkron dengan provinsi maka akan disinergikan antara program lima tahun eksekutif dengan kondisi Kabupaten Cirebon,” paparnya.

DPRD akan melihat pada pembahasan akhir perihal rancangan yang sudah dibahas pihak provinsi. “Kita lihat nanti, janji dan visi misinya sama tidak dengan yang disampaikan,” ungkapnya.

Selain perihal nota kesepakatan rancangan awal RPJMD 2019-2024, rapat paripurna juga mendengarkan hantaran bupati terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). (Islah)

Comment