by

Tingkatkan Mutu, LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon Lakukan Audit

CIREBON, SC- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon melakukan audit mutu internal (AMI) di lingkungan kampus tersebut, Selasa (17/9/2019). Auditor kegiatan ini terdiri dari perwakilan jurusan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebanyak 28 orang dan 5 dari IAIN Purwokerto  yang terdiri dari unsur pimpinan rektorat dan dekan.

Ketua LMP IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Kartimi MPd mengungkapkan, kegiatan audit ini memiliki 6 tujuan dasar. Yaitu, melakukan assesment (menemukenali) persoalan atau hambatan-hambatan yang dihadapi oleh lembaga, unit, dan perangkat kerja IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan kepada penggunanya.

Kemudian, kata dia, untuk mendiagnosa persoalan dan hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan melalui pemetaan sifat dan karakteristiknya sesuai dengan ketersediaan sumberdaya sebagai modal solutifnya.

Selanjutnya, menyediakan data untuk meningkatkan kinerja lembaga berbasis resolusi taktis dan strategis dalam rangkai pencapaian visi, misi, dan mandat IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bahkan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari evaluasi melekat terhadap sistem dan mekanisme kerja melalui peningkatan partisipasi menyeluruh sumberdaya yang terorganisasi secara organik dalam tata kelola yang profesional dan terukur.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin memerika kesesuai’n atau ketidaksesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan standar yang telah dicantumkan. Dan yang terakhir, kegiatan ini bertujuan adalah untuk memeriksa kesesuaian pencapaian tujuan umum yang teIah ditentukan,” kata Kartimi.

Menurut dia, audit merupakan salah satu simpul dalam siklus penjaminan mutu IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pasalnya, kegiatan ini adalah upaya untuk peningkatan mutu dan bukan penilaian. Dengan demikian baik auditor maupun yang diaudit duduk pada sisi yang sama yaitu sisi untuk meningkatkan mutu institusi.

“Dengan demikian, Audit mutu merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara internal dengan kesadaran dan kemauan dari dalam institusi. Manfaat audit mutu internal adalah didapatkannya mated nyata bahan-bahan tinjauan manajemen untuk membuat keputusan mutu. Dengan demikian audit mutu internal memrupakan salah satu dasar pengembangan institusi,” pungkas Kartimi. (Arif)

Comment