by

Tangkis Corona, Pemdes Megu Gede Semprot Lingkungan

Honda Cirebon

WERU, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon melaksanakan penyemprotan disinfektan dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah desa setempat, Kamis (26/03/2020).

Kuwu Megu Gede, Iman Fitriyadi menjelaskan, kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari surat edaran (SE) Bupati Cirebon dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam kegiatan tersebut, dialukan bersama muspika, BPD, bidan Puskesmas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Bahkan pihaknya juga menggandeng LSM GMBI KSM Weru Raya untuk memaksimalkan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah kami hari ini (Kamis, 26/3/2020) kami mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat yang ada di wilayah desa kami. Seperti balai desa, masjid, musala, dan tempat-tempat lainnya. Kami bersama-bersama masyarakat dan pemerintah kecamatan bersinergi dan melakukan tindakan nyata dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya kepada Suara Cirebon.

Sohib Suzuki Cirebon

Iman mengimbau, kepada masyarakat Megu Gede untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar selalu bersih. Bahkan dia juga mengingatkan agar selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, selalu menyediakan hand sanitizer, menjauhi keramaian, dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya penyemprotan disinfektan ini bisa menjadi pencegahan penyebaran Covid-19. Penyemprotan ini sendiri menggunakan dana pemerintah desa. Kami juga selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk-spanduk ataupun secara langsung melalui perangkat desa maupun lembaga-lembaga desa. Itu sudah kami lakukan,” papar Iman.

BACA JUGA: Hadeh, Suruh Belajar di Rumah Malah Main PS

Sementara itu, Sekretaris LSM GMBI KSM Weru Raya, Budiarto mengatakan, sebagai lembaga masyarakat, pihaknya selalu siap untuk terjun langsung ke lapangan dalam berbagai hal. Terlebih, saat ini masyarakat tengah diresahkan dengan merebaknya penyebaran Covid-19. Untuk itu, melalui kegiatan ini, pihaknya dapat berkontribusi dalam memberikan edukasi terkait penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

“Ini merupakan kewajiban bagi kami sekalu GMBI dalam mengimplementasikan arti bela begara, terlebih ini merupakan kegiatan sosial. Kami akan selalu siap terjun ke lapangan untuk menlakukan penyemprotan di setiap wilayah. Kegiatan tersebut dapat memberikan hasil positif untuk masyarakat. Karena melalui kegiatan ini, masyarakat dapat semakin memahami pentingnya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (Vicky)

Comment

News Feed