by

IAIN Cirebon Siapkan 400 Komputer Untuk Tes UM-PTKIN

CIREBON, SC- Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamalul Iman Billah SAg MA Mak mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan sekitar 400 unit komputer untuk digunakan saat ujian tes calon mahasiswa baru melalui jalur UM PTKIN tahun akademik 2020/2021 di kampus setempat.

“Tidak ada tes tulis, karena memang ujiannya itu Computer Based Test (CBT). Untuk itu, kami sudah menyiapkan sekitar 400 unit komputer untuk pelaksanaan tes Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tersebut,” jelas Kamal kepada Suara Cirebon, Senin (11/5/2020).

Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya belum dapat memastikan apakah CBT tersebut dapat dilakukan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon atau bisa juga melalui online. Pasalnya, kata Kamal, saat ini masih dalam pandemi Covid-19 sehingga ada larangan melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan orang.

BACA JUGA: Terkait Diskon UKT, IAIN Cirebon Ikuti Instruksi Pusat

“Saat ini kami masih menunggu instruksi dari Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terkait teknis ujiannya ini seperti apa, apakah melalui online yang dapat dilakukan di rumah masing-masing calon mahasiswa baru atau CBT ini dilakukan di IAIN Cirebon,” jelasnya.

Untuk itu, Kamal memaparkan, persiapan sebanyak 400 komputer tersebut adalah sebagai langkah antisipasi jika memang diputuskan ujian tes masuk ini dilaksanakan di kampus. Sehingga pihaknya telah siap melaksanakan dengan teknis ujian apapun sesuai instruksi panitia pusat.

“Ujiannya melalui online atau langsung di kampus itu memang ada berbagai pertimbangan dari panitia pusat. Jika memang dilaksanakan di kampus memang akan dilakukan dengan beberapa gelombang dengan mematuhi social distancing. Namun jika melalui online kami juga siap. Kami mengikuti instruksi dari panitia pusat saja,” paparnya.

BACA JUGA: Pembayaran UKT Calon Mahasiswa IAIN Cirebon Jalur SPAN-PTKIN 2020 Ditunggu Sampai 15 Mei

Sehingga, dia mengimbau, kepada calon mahasiswa baru tersebut untuk selalu memantau berbagai pengumuman terkait tes UM-PTKIN ini melalui website resmi ujian masuk tersebut agar tidak ketinggalan informasi.

“Memang pandemi Covid-19 ini berdampak pada semuanya, termasuk dalam pelaksanaan UM-PTKIN ini. Semoga pandemi ini segera berakhir agar semua aktivitas dapat berjalan normal kembali seperti sedia kala,” pungkasnya. (Arif)

Comment