by

Jelang Idul Fitri, Polresta Cirebon Musnahkan Belasan Ribu Botol Miras

KABUPATEN CIREBON, SC- Belasan ribu botol minuman keras (miras) dari berbagai jenis dimusnahkan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jumat (22/05/2020).

Pemusnahan ribuan botol miras itu dilakukan di halaman Mapolresta dengan cara dilindas menggunakan alat berat dan disaksikan oleh (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol. M. Syahduddi, S.I.K., M.Si., usai pemusnahan, menyampaikan, miras pabrikan berbagai jenis dan merk yang dimusnahkan jumlahnya sebanyak 10019 botol. Sedangkan miras jenis ciu sebanyak 1.450 liter dan jenis tuak sebanyak 1.250.

BACA JUGA: Ditemukan Mayat Tanpa Identitas di Pantai Baro Gebang Cirebon

Menurut Kapolresta, miras-miras tersebut diperoleh dari hasil operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dan Kegiatan Kepolisian Yang ditingkatkan (KKYD) yang digelar jajaran Polresta Cirebon dan Polsek Jajaran dalam kurun waktu Januari sampai Mei 2020.

Selama ini, kata Syahduddi, miras menjadi sumber berbagai tindak kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Cirebon. Meski terus dilakukan operasi dan penyitaan setiap tahunnya, namun miras selalu muncul. Oleh karenanya, Polresta Cirebon akan terus melakukan operasi Pekat dan KKYD dengan menyisir warung-warung yang menjadi tempat penjualan miras.

Dikatakanya, tujuan digelarnya operasi Pekat dan KKYD adalah demi terciptanya kondusifitas wilayah dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

BACA JUGA: Ditambah 3, Total Sudah 8 Titik Ruas Jalan di Kota Cirebon Ditutup

“Kami sita untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat menenggak miras. Terlebih pada momentum hari raya idul fitri ini, sehingga masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan nyaman dan aman,” ujar Kapolresta.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Cirebon meminta masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Cirebon agar lebih meningkatkan kesadaran untuk kesehatan diri sendiri serta memperbanyak zikir dan berdoa untuk bangsa ini. Karena perayaan idul fitri tahun ini dirayakan ditengah pandemi Covid-19.

“Dan kami berharap wabah covid 19 ini semoga cepat berakhir,” ungkapnya. (Islah)

Comment