by

LPBH NU Kabupaten Cirebon Gelar Diskusi THR Buruh di Tengah Covid-19 

KABUPATEN CIREBON, SC- Adanya wabah Covid-19 di tahun 2020 menjadi sorotan tersendiri bagi pemerintah, akademisi, bahkan, masyarakat umum. Rangkaian peristiwa yang tidak biasa dihadapi dalam kehidupan tak henti-hentinya muncul dan menuai pro kontra di berbagai kalangan.

Menurut Ketua LPBNU Kabupaten Cirebon, Arif Rahman, pemerintah baik pusat maupun daerah gencar untuk menerbitkan paket-paket regulasi ‘khusus’, tanpa terkecuali paket khusus yang menyasar bidang ekonomi. Salah satu contoh paket regulasi khusus yang senantiasa menjadi berita yang diperdebatkan eksistensinya ialah paket regulasi atas pembayaran THR Buruh di tengah pandemi ini.

“Mulai dari isu tetap dibahasnya omnibus law cipta kerja, isu keselamatan dan kesehatan dalam bekerja, kasus maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kasus dirumahkan tanpa upah, kasus pemotongan upah kerja, hingga akhirnya muncul aturan pembayaran THR dapat ditunda ataupun dicicil,” ujar Arif Rahman,lewat press realise yang ditertima redaksi, Kamis (14/05/2020).

Baca Juga: Di Kabupaten Cirebon 1 Pasien Positif Covid-19 dan 3 PDP Sembuh

Dikatakan Arif, demi meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum kembali, maka diksusi dan komunikasi harus dimasifkan, terlebih untuk menghadapi isu Pembayaran THR Buruh yang segera datang, hal demikian dilakukan sebagai langkah persuasif untuk memberikan pemahaman bersama mengenai kebijakan yang akan dilaksanakan di beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan pemikiran di atas, maka sangat penting bagi Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama Kabupaten Cirebon untuk senantiasa melakukan kajian dan menemukan solusi. Tentu tidak ada langkah instan untuk menyelesaikan masalah yang begitu bertumpuk tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga semangat idealitas melalui berbagai forum diskusi. Oleh karena itu, di masa pandemi ini, LPBH NU Kabupaten Cirebon, menggelar Bincang Ahli (Serial Diskusi Online), dengan tajuk, ‘Menyoal THR Buruh di Tengah Covid-19’,” katanya.

Narasumber pada acara yang akan digelar Jumat (15/5/2020), akan menghadirkan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Moh Lutfi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon, Erry Ahmad Husaeri dan Faiz Munir, SH dari praktisi hukum.

“Kami mengundang semua kalangan khusunya di Kabupaten Cirebon untuk bergabung di Media : Zoom Meeting  dangan ID: 978 646 2461, atau bisa konfirmasi ke LBHNU Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

Baca Juga: Disnakertrans Kabupaten Cirebon Buka Pengaduan THR

Arif menjelaskan,  tujuan dari kegiatan diskusi online ini untuk merangkum perspektif berbagai kalangan dalam pembayaran THR Buruh di tengah Covid-19, menelisik arah implementasi pembayaran THR Buruh di tengah Covid-19, dan merumuskan sikap dan rekomendasi langkah strategis dan konstruktif bagi pembayaran THR di tengah Covid-19.

Disebutkan, acara ini diarahkan pada upaya merangkum perspektif terhadap permasalahan pembayaran THR Buruh di tengah Covid 19, kemudian menganalisisnya untuk memperoleh langkah konstruktif dan strategis. Untuk mengakomodir kepentingan ini, maka forum dibuat dalam bentuk diskusi daring dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi pada permasalahan terkait. (Vicky)

Comment