by

RS Pelabuhan Kota Cirebon Operasikan Alat PCR

KOTA CIREBON, SC- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto MKes menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan 12 sampel swab ke Rumah Sakit (RS) Pelabuhan Cirebon. Sebab, RS ini telah menyiapkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi pasien Covid-19.

“Tahap pertama, sebanyak 12 sampel swab kami kirimkan ke Rumah Sakit Pelabuhan. Hasilnya bisa diketahui sehari setelah uji swab dilakukan,” papar Edy di ruang kerjanya, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, alat PCR yang sudah siap dioperasikan di RS Pelabuhan Cirebon ini akan sangat membantu pemeriksaan Covid-19 di Kota Cirebon. “Apalagi hasilnya juga bisa cepat diketahui. Ini tentu berbeda jika sampel swab dikirimkan ke Labkesda Jawa Barat, untuk mengetahui hasilnya dibutuhkan waktu yang cukup lama,” jelasnya.

BACA JUGA: PSBB Kota Cirebon Tahap Kedua, Mall Mulai Beroperasi

Edy mengungkapkan, setelah dioperasikannya PCR ini, pemeriksaan swab secara masif akan dilakukan di Kota Cirebon. Pihaknya pun menargetkan sebanyak 1.500 lebih warga akan segera dilakukan pemeriksaan swab.

“Kira-kira 300 orang di setiap kecamatan. Jumlah ini sekitar 5 persen dari 340 ribu jumlah warga di Kota Cirebon,” terangnya.

Ada pun mereka yang akan menjalani uji swab, lanjut Edy, yaitu warga yang saat menjalani rapid tes hasilnya reaktif, petugas medis yang secara intens berhubungan dengan pasien yang terpapar Covid-19, dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

“Wartawan serta keluarga yang terdekat yang pernah melakukan kontak langsung dengan orang yang hasil rapid tesnya reaktif,” imbuhnya.

BACA JUGA: PSBB Kota Cirebon Diperpanjang, Mall dan Pasar Boleh Buka

Edy berharap, PCR yang sama juga dapat segera dioperasikan di RSD Gunung Jati, Kota Cirebon. “Karena yang terpenting sekarang ini agresif dan cepat. Sehingga proteksi dini warga dari paparan Covid-19 bisa segera dilakukan,” tandasnya. (M Surya)

Comment