by

Sebulan Perjuangan Putri Melawan Covid-19, Begini Ceritanya

Dinyatakan Sembuh, Pasien Positif Pesan Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

SETELAH sempat menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, kini seorang pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Caovid-19) asal Kabupaten Cirebon, Putri Hermawati (33) telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Kepada sejumlah awak media, Putri menuturkan proses perawatan dirinya sejak awal terkonfirmasi positif hingga kemudian dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang pada 23 April lalu. Putri mengaku tidak menyangka sampai terkonfirmasi positif Covid-19. Karena dia merasa tidak ada gejala umum Covid-19 seperti batuk, panas, pilek, dan sakit tenggorokan. Ia hanya merasa punya sedikit pneumonia di paru-paru, yakni asma.

“Jadi saya ini orang tanpa gejala (OTG). Saya dari Jakarta, kemudian memeriksakan diri karena saya fikir saya punya asma, lalu saya masuk pasien dalam pengawasan (PDP). Dan setelah diswab ternyata hasilnya positif,” jelas Putri.

Baca Juga: Di Kabupaten Cirebon 1 Pasien Positif Covid-19 dan 3 PDP Sembuh

Setelah diketahui positif Covid-19, mulanya Putri mengaku sempat syok dan kaget. Namun, seiring berjalannya waktu dan kuatnya keyakinan untuk bisa terbebas dari Covid-19 ini, akhirnya ia pun positif thinking dan tetap menjalani perawatan di RSUD Waled. Selama masa perawatan, ia terus menjaga kesehatan, menjaga kebersihan dengan minum vitamin dan makan makanan yang bergizi.

“Alhamdulillah, setelah menjalani perawatan isolasi selama satu bulan, saya dinyatakan sembuh. Dan pada tanggal 23 April kemarin saya keluar dari rumah sakit,” terangnya saat ditemui di Covid Center Watubelah, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, selain rasa optimis bisa sembuh, dukungan dari pihak medis dan keluarga sangat berpengaruh pada proses penyembuhan dirinya. Kini, setelah dinyatakan sembuh dan bisa pulang ke rumah, ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada tenaga medis maupun nonmedis di RSUD Waled yang telah merawatnya.

“Saya ucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga medis RSUD Waled yang selama ini merawat dan menjaga saya dengan baik. Sehingga saya bisa sembuh dari Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga: Gratis, Tidak Ada Tes Swab Komersial di Kabupaten Cirebon

Dalam kesempatan ini, dia pun mengingatkan kepada masyarakat dan pasien Covid-19 lainnya, untuk tetap memiliki fikiran positif dan selalu menjaga kesehatan dengan berolah raga serta makan yang teratur. Selain itu, ia juga berpesan agar selalu mengikuti anjuran pemerintah, termasuk mengikuti anjuran PSBB dan tidak mudik dulu.

“Karena kita enggak tahu siapa yang membawa virus,” ungkapnya.

Sementara, Direktur RSUD Waled, Boedi R Soenjaya mengatakan, salah satu pasien yang dinyatakan sembuah ini, selama menjalani perawatan intensif sangat koperatif dan selalu mengikuti bimbingan dari dokter maupu  perawat yang menanganinya. Bahkan, lanjut dia, pasien ini cukup semangat saat menjalani perawatan isolasi di RSUD Waled. Sehingga tingkat kesebuhannya sangat besar.

“Terbukti saat ini Putri bisa sembuh dari Covid-19, dan bisa berkumpul kembali dengan keluargannya,” paparnya.

Baca Juga: Disnakertrans Kabupaten Cirebon Buka Pengaduan THR

Direktur RSUD Waled itu berharap, dengan kesembuhan pesien yang sebelumnya dinyatakan positif dari Corona ini, akan menambah optimis di masyarakat dalam melawan Covid-19. Caranya, dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta selalu berolahraga. “Dengan mematuhi anjuran pemerintah, pasen yang sembuh ini menjadi semangat masyarakat dalam memerangi virus Corona,” pungkasnya. (Islah)

Comment