by

8 Truk DLH Kabupaten Cirebon Angkut Tumpukan Sampah di Desa Kertawinangun

KEDAWUNG, SC- Sampah liar yang menggunung di Jalan Simega 1, tepatnya di RT 04/01 Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Selasa (23/6). Gunungan sampah ini diangkut ke TPA Gunungsantri menggunakan 8 unit dum truck sampah milik DLH.

Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan Fitroh Suharyono, mengatakan pengangkutan sampah di TPS liar tersebut atas kerjasama DLH dengan Pemerintah Desa Kertawinangun. Karena itu, setelah dibersihkan masyarakat maupun pemilik usaha di sekitar TPS diharapkan sadar dan peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah di lokasi tersebut.

“Sebelumnya kami melakukan pengangkutan di TPS liar di Desa Kertawinangun dio Jalan By Pass Brigjen Darsono, tapi TPS itu penuh lagi dengan sampah. Padahal di lokasi sudah dipasang imbauan larangan membuang sampah,” tandasnya.

BACA JUGA: Ratusan Truk Angkut Sampah Liar di Pasar Pasalaran Cirebon

Kedepan, kata Fitroh, pihaknya akan bekerjasama dengan desa-desa untuk mengatasi persoalan sampah. Karena Cirebon Bersih butuh keterlibatan semua pihak dan Pemdes diharapkan bisa mengelola sampah di wilayahnya masing-masing, sedangkan pihak kecamatan mengkoordinir pelaksanaannya. Sedangkan DLH akan berusaha mengangkut dari TPS desa ke TPAS.

Sementara itu Perangkat Desa Kertawinangun, Afrizul Ghous, menjelaskan tumpukan sampah liar tersebut berasal dari masyarakat dan pemilik usaha di sekitar lokasi. Kebanyakan, lanjut dia, sampah berjenis limbah rumah tangga.

“Dalam mewujudkan Kertawinangun bebas sampah diperlukan kerjasama semua pihak, baik Pemdes maupun DLH, serta masyarakat Kertawinangun. Dalam hal ini dibutuhkan kesadaran dan kepedulian dengan tidak membuang sampah ke sembarang tempat,” paparnya. (Baim)

Comment