by

Besok Pasar di Pabuaran Cirebon Ditutup, Tiga Pasar Akan Dilakukan Test Swab Massal

KABUPATEN CIREBON, SC- Pasca satu pedagang pasar di wilayah Kecamatan Pabuaran terkonfirmasi positif Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon menjadwalkan pelaksanaan test swab massal di tiga pasar sekaligus. Rencananya, test swab massal akan dilaksanakan besok, Selasa (2/6/2020) di pasar Desa Pabuaran Wetan, Pabuaran Lor, dan Pabuaran Kidul.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan, Gugus Tugas sudah menyiapkan sebanyak 300 RT-PCR untuk swab massal di tiga pasar tersebut. Dari jumlah tersebut, masing-masing pasar akan disiapkan 100 RT-PCR test.

BACA JUGA: Satu Pedagang di Pasar Wilayah Pabuaran Cirebon Positif Covid-19, Gugus Tugas Sarankan Pasar Ditutup

“Renacanya besok (Selasa, 2/6/2020) kita akan lakukan swab massal di tiga pasar tadisional di tiga Desa Pabuaran,” kata Nanang, Senin (1/6/2020).

Selain melakukan swab massal, kata Nanang, Gugus Tugas juga akan menutup sementara pasar yang dua pedagangnya terkonfirmasi positif Covid-19. Menurutnya, penutupan pasar akan dilaksanakan selama tiga hari. Hal itu, sesuai hasil musyawarah dengan pihak desa dan muspika setempat.

“Itu hasil musyawarahnya seperti itu, karena pasar tersebut merupakan pasar desa,” tukas Nanang.

Sementara, juru bicara Gugus Tugas Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan menyampaikan, bedasarkan informasi dari DPMD yang ikut hadir dalam musyawarah yang melibatkan tiga Kuwu Desa Pabuaran dan pengurus pasar serta Kepala Puskesmas dan ketua FKKC, penutupan pasar disepakati dilakukan mulai hari Selasa besok.

BACA JUGA: Miris, Balita Yatim Asal Ciwaringin Cirebon Ini Dicabuli Tetangga Sendiri

Sedangkan dari Pemda sendiri, kata Nanan, akan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Pabuaran Kidul di hari yang sama. “Untuk berapa hari penutupannya, kami juga menunggu informasi lebih lanjut dari DPMD terkait dengan berita acaranya,” paparnya. (Islah)

Comment