by

Calon Sekda Kota Cirebon akan Jalani Uji Kompetensi

KOTA CIREBON, SC- Empat nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon santer dibicarakan, bahkan mereka sudah direkomendasikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Berdasarkan informasi, keempat nama ini dari pejabat fungsional eselon II di Kota Cirebon sesuai dengan persyaratan.

Berdasarkan Surat Perintah Tugas Nomor 820/1746-BKPPD/2020 Walikota Cirebon, empat nama calon kandidat Sekda Kota Cirebon yang akan mengikuti uji kompetensi, yakni Kadis Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Yati Rohayati, Kepala Badan Keuangan Daerah Agus Mulyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BP4D) Arif Kurniawan, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumantho.

Terkait hal tersebut, pengamat politik Kota Cirebon, Sutan Aji Nugraha menilai, Walikota Cirebon harus dapat memilih calon sekda definitif yang sesuai dengan prinsip dan visi serta menunjang secara pikiran.

“Artinya visi dan misi Sehati harus dimanifestasikan untuk kesejahteran rakyatnya. Seperti contoh dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini, apakah calon sekda mampu memberikan kontribusi terhadap rakyat,” tegas Aji kepada Suara Cirebon, Senin (22/6/2020).

Aji mengungkapkan, keempat calon sekda definitif ini masuk dalam lingkaran administrasi politik yang selalu mengambil keuntungan momentum pandemi. “Tak perlu sebut siapa dan apa motifnya yang memang masuk dalam kategori tersebut,” katanya.

Keempat nama calon sekda tersebut, satu di antaranya yang digadang-gadang sebagai kandidat terkuat adalah Kepala BKD Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

Namun soal itu, menurut Aji, jejak Gusmul sapaan akrab Agus Mulyadi, harus dipertimbangkan sejak menjadi stakeholder. Seperti apa saja yang sudah diperbuat untuk warga Kota Cirebon dalam mengimplementasikan keinginan aturan atau politik.

“Yang kedua, yaitu perbandingan dengan sekda yang berprestasi sebagai rujukan, minimal sama bahkan lebih dan tentunya melihat Gusmul mampu atau tidak untuk itu,” katanya. 

BACA JUGA: Wakil Walikota Cirebon Janji Akan Tambah Anggaran untuk Posyandu

Sementara secara terpisah, ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya mengatakan, keempat calon kandidat sekda definitif tersebut memang sudah sangat layak.

“Ya semuanya PNS senior di Kota Cirebon, jadi mereka layak untuk kandidat Sekda Kota Cirebon” ujar Imam. (M Surya)

Comment