by

Dengar Curhatan Montekar, Bupati Imron Akan Cari Solusinya

TUGAS dan kerja yang diemban Motivator Ketahanan Keluarga (Montekar) dinilai cukup berat. Pengabdian mereka untuk masyarakat Kabupaten Cirebon juga tidaklah ringan. Karena itu, mereka menginginkan agar pemerintah mau memberikan perhatian kepada mereka.

Koordinator Montekar Kabupaten Cirebon, Nono Wahyono menyampaikan, beban kerja yang dirasakan petugas Montekar sejak awal dirasa cukup berat. Menurutnya, jumlah keanggotaan petugas yang ada tidak sebanding dengan tugas yang dikerjakan. Saat ini, 58 Montekar harus bertugas di 27 desa yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

“Ada yang satu orang bertugas di tiga desa. Sedangkan kami hanya tenaga honor dengan gaji jauh dari yang diharapkan,” ujar Nono, usai menyampaikan keluh kesahnya kepada Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg di Pendopo Bupati, Jalan Kartini, Nomor 1 Kota Cirebon kemarin.

BACA JUGA: Ada Dua Nama Calon Wakil Bupati Cirebon, Salahsatunya Ayu

Dia menjelaskan, Montekar di Kabupaten Cirebon memang diangkat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun, atas kondisi tersebut tidak seharusnya pemda diam. Tapi pemda juga harus melihat kinerja yang sudah dilakukan Montekar untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Jadi jangan lihat status kami, tapi lihatlah pengabdian yang sudah kami lakukan untuk masyarakat,” kata dia.

Masih kata Nono, selain berharap ada pemberian insentif untuk Montekar, ia juga berharap agar ada penambahan jumlah Montekar di Kabupaten Cirebon. Caranya, dengan mengusulkan penambahan petugas kepada pemerintah provinsi agar beban kerja tidak bertambah berat.

Menanggapi hal itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengaku akan mengkaji ulang keinginan perwakilan Montekar tersebut. Menurut Imron, pemberian insentif harus melihat dasar hukum dan aturannya karena mereka bukan pegawai honor Pemda Kabupaten Cirebon.

“Kita tidak bisa begitu saja menganggarkan, bisa disalahkan. Jadi harus ada kajian dan melihat aturannya dulu seperti apa,” terang Imron.

BACA JUGA: Gigi Bupati Cirebon Rontok Gegara Ngejar Copet

Kendati demikian, Bupati sangat mengapresiasi kinerja Montekar yang selama ini telah bekerja dan mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Cirebon. Imron berharap, dengan kondisi yang dihadapi selama ini, mereka harus bisa lebih arif dan bijaksana dalam menanggapi suatu permasalahan.

“Sabar, nanti lihat tindakan apa yang akan diambil pemerintah. Kami juga berharap kinerja rekan-rekan tidak kendur. Karena kami tidak akan tinggal diam. Kami tentu akan mencari solusi, minimal sesuai harapan mereka,” ungkapnya. (Islah)

Comment