by

Kejari Kabupaten Cirebon Kawal Anggaran Covid Rp124 M

KABUPATEN CIREBON, SC- Sesuai instruksi Jaksa Agung RI yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE-07 tanggal 9 April 2020 tentang pendampingan anggaran Covid-19, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon memastikan akan mengawal seluruh penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Cirebon. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Tommy Kristanto, mengatakan pendampingan anggaran Covid-19 yang akan dilakukan sesuai instruksi Jaksa Agung RI. Menurutnya, pendampingan anggaran tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dalam refocusing realokasi anggaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon yang nilainya mencapai Rp124 miliar.

Dari jumlah tersebut, kata Tommy, anggarannya dibagi dalam tiga bidang, yakni kesehatan, pengamanan dan operasional, serta Belanja Tak Terduga (BTT). Dia juga menyebutkan, untuk anggaran kesehatan sudah dialokasikan sebesar Rp 33,6 miliar dan baru terealisasi Rp 4,6 miliar. Sedangkan anggaran untuk RSUD Waled mencapai Rp 29 miliar dan baru terserap Rp 546 juta. Sementara anggaran untuk RSUD Arjawinangun sebesar Rp 14,6 miliar, baru terserap Rp 10 miliar.

“Untuk anggaran BTT termasuk jaring pengaman sosial (JPS) bagi masyarakat terdampak covid-19 mencapai Rp 42,6 miliar. Kemudian ada juga untuk pengamanan dan operasional BPBD, TNI, serta Polri yang sudah terserap sekitar Rp 4,5 miliar,” papar Tommy dalam keterangan resminya di Kantor Kejari setempat, Senin (22/6/2020).

Oleh karenanya, diminta atau tidak diminta Kejari Kabupaten Cirebon tetap akan melakukan pendampingan penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Karena pihaknya juga dituntut untuk berperan aktif mendampingi dan mengawasi penggunaan anggaran tersebut.

BACA JUGA: Pemkab Cirebon Salurkan Bantuan Beras Premium

Atas dasar itu Kejari Sumber telah menyurati Bupati Cirebon terkait pendampingan penggunaan anggaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Dan Pemkab Cirebon sendiri memberi respon positif dan menerima pendampingan dari Kejari.

“Alhamdulillah dari Pemkab Cirebon responnya positif, siap menerima pendampingan dari kami,” ungkapnya. (Islah)

Comment