by

Pesisir Jadi Cluster Baru Penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon

Anggota Pansus Covid-19 Minta Pemkot Beri Penanganan Khusus

KOTA CIREBON, SC- Anggota pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon, Fitrah Malik, menilai harus ada penanganan khusus terhadap Cluster Pesisir Kota Cirebon pasca warga setempat terpapar Covid-19. Terlebih belum lama ini, pasca dilakukan rapid tes massal di wilayah tersebut, terdapat delapan orang yang reaktif.

“Memang sebaiknya ada Penanganan khusus terhadap Cluster Pesisir, karena sudah ada satu orang meninggal positif dan kemudian dua orang positif sedang isolasi mandiri, kemudian ada 8 orang yang reaktif,” katanya, Senin (8/6/2020).

Menurutnya perkembangan Covid-19 di wilayah tersebut sangat signifikan. Sehingga perlu ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon atau Gugus Tugas Covid-19.

“Ini menunjukkan sangat signifikan dalam satu wilayah dua RW. Kami meminta kepada Pemkot atau Gugus Tugas dapat memberikan perhatian khusus Cluster Pesisir ini karena aktivitas sosial,” ujarnya.

BACA JUGA: Tim Densus 88 Amankan Terduga Teroris Kelompok JI Cirebon

Dia menyatakan, sangat mengapresiasi inisiasi atau langkah ketua RT, RW dan warga setempat yang telah memanggil Dinas Kesehatan serta Puskemas setempat untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Kemarin para RT dan RW serta warga sekitar Pesisir undang Dinkes untuk berikan edukasi terhadap masyarakat agar tidak ada lagi stigma terhadap warga yang terpapar Covid-19, apalagi statusnya masih reaktif itukan belum tentu Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Fitrah, pihaknya juga telah menyepakati bersama dengan warga setempat agar tidak menggunjing atau mengucilkan warga yang terpapar Covid-19.

BACA JUGA: DPRD Kota Cirebon Minta Protokol Kesehatan Covid-19 di Kelurahan Panjunan Diperketat

Dengan ini, Politisi Partai Gerindra itu pun meminta kepada pemerintah, dalam hal ini Pemkot Cirebon maupun Pemprov Jabar untuk dapat lebih memberikan perhatian dan penanganan khusus untuk wilayah itu untuk menekan tingkat penyebaran agar tidak semakin meluas.

“Selain Pemkot, kami juga berharap Pemprov Jabar juga dapat memberikan perhatian. Syukur-syukur Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dapat meninjau langsung wilayah itu agar dapat memberikan penanganan yang tepat,” tandasnya. (M Surya)

Comment