by

Renovasi Masjid Agung Sumber Butuh Donasi Masyarakat

SUMBER, SC- Pengerjaan renovasi Masjid Agung Sumber mulai dilakukan. Perbaikan akan memprioritaskan bagian atap masjid yang sudah mengalami kebocoran, termasuk sisi kubah dan perbaikan kamar mandi utama Masjid.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Sumber, KH Mushofa mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan renovasi Masjid Agung sebesar Rp12 miliar. Saat ini, anggaran yang ada dari dana hibah Pemkab Cirebon sebesar Rp3 miliar. Namun untuk pembangunan penunjang kawasan Masjid Agung agar matcing dengan rencana pengembangan taman Pataraksa, membutuhkan anggaran Rp38 miliar.

“Saat ini anggarannya hanya Rp3 miliar, tetapi kebutuhan untuk bangunan masjid ini senilai Rp12 miliar. Jadi secara keseluruhan, untuk pembangunan kawasan Masjid Agung membutuhkan dana Rp38 miliar,” kata Mushofa, Rabu (17/6/2020).

BACA JUGA: Perseteruan Ketua DPRD dan Bupati Cirebon Berakhir

Menurut Mushofa, besaran anggaran pembangunan kawasan Masjid Agung Sumber hingga mencapai Rp38 Miliar itu, telah melalui proses perhitungan yang melibatkan unsur akademisi. Perhitungannya, agar pembangunan Masjid Agung dapat maching dengan rencana pengembangan taman Pataraksa dalam waktu dekat.

“Kalau untuk bangunan masjid saja sih hanya Rp12 miliar. Dana hibah dari Pemkab Cirebon yakni baru Rp3 miliar,” jelas Mushofa.

Dari anggaran tersebut, pihaknya akan memrioritaskan renovasi bagian atap masjid, karena kondisinya selalu bocor. “Nah nanti kubah akan dibungkus dengan enamel. Jadi kita mencari solusi agar tidak bocor lagi. Pokoknya bagian atap lebih diprioritaskan, kemudian WC,” jelasnya.

Selain mengandalkan anggaran bantuan hibah dari Pemkab Cirebon, untuk renovasi itu pihaknya juga berharap donasi dari masyarakat. “Donasi bisa disalurkan melalui rekening Bank Muamalat atas nama Masjid Agung Sumber dengan nomor rekening 1390011695,” ucapnya. Mushofa menargetkan, renovasi bisa selesai sebelum akhir tahun 2020 ini.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Cirebon Dorong Satpol PP Tindak UMC

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cirebon, Abdulatif menjelaskan, anggaran melalui bantuan hibah yang digulirkan untuk Masjid Agung Sumber nilainya sebesar Rp 3.750.000.000.

“Anggaran itu di antaranya untuk operasional DKM  sebesar Rp750 juta, kemudian kegiatan pemeliharaan Rp2.925.001.794 dan perencanaan dan pengawasan Rp75 juta,” kata Abdulatif. (Islah)

Comment