by

Sajikan Talkshow Ilmiah, Mahasiswa UMC Terus Berkreasi

CIREBON, SC- Mahasiswa dan dosen program studi S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkreasi dengan membuat karya audio visual.

Kegiatan yang dikemas dalam program talkshow ilmiah bernama Ikon ini direncanakan akan tayang di chanel Ilmu Komunikasi UMC Televisi (IUTV). Chanel tersebut berbasis internet, seperti youtube, FBTV, dan IGTV.

Pembina mahasiswa Ilmu Komunikasi UMC, Rizki Budhi Suhara MIKom menjelaskan, IUTV dan Kavlab yang ada di kampus ini merupakan wadah kegiatan kreatif untuk seluruh mahasiswa UMC, khususnya Prodi S1 Ilmu Komunikasi.

BACA JUGA: Dalam 6 Bulan, di Kabupaten Cirebon Terjadi 24 Kasus Pencabulan

Sehingga, kata dia, melalui kegiatan ini, para mahasiswa UMC tidak hanya memiliki attitude yang bersahaja (baik), namun juga memiliki bekal keahlian dan kemampuan sebagai softskill serta hardskill setelah lulus kuliah dan siap bergabung di industri media.

“Program Ikon yang bergenre talkshow disajikan secara ilmiah dengan mengusung pada inspiratif, komunikatif, dan naratif sebagai wadah bertemunya wawasan dan pengetahuan dari berbagai para akademisi yang berkompeten di bidangnya,” jelas pria yang akrab disapa Dandung ini kepada Suara Cirebon melalui WhatsApp, Rabu (11/6/2020).

Sehingga, lanjut dia, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa UMC. Pasalnya, mereka memiliki semangat tinggi untuk selalu belajar. Bahkan, menurut Dandung, IUTV dan Kavlab bisa menjadi inspirasi bagi dosen-dosen dalam memberikan pengajaran yang kreatif.

BACA JUGA: Menko PMK Hadiri Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah di Cirebon, UMC Siapkan Kado Wisata Halal

“Di masa pandemi Covid 19 ini, semangat kreativitas tidak ada buntunya. Dalam bentuk apapun dan dengan kondisi bagaimanapun. Karena dalam segala hal, semua bisa dijadikan sumber kreatif, asalkan memiliki niat dan inisiatif yang kuat dalam diri manusianya itu sendiri,” ujarnya.

Bahkan, menurut Dandung, pandemi Covid-19 ini bukan menjadi halangan yang mutlak untuk tetap selalu berkarya dengan hal-hal yang positif. Yang terpenting, kata dia, tetap berpegang pada prinsip dan selalu berinovasi agar menjadikan kreativitas itu mempunyai manfaat yang baik bagi kehidupan di sekitarnya. (Arif)

Comment