by

SMP di Kota Cirebon Miliki Program Unggulan Masing-masing

KOTA CIREBON, SC – Menjelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon mengakui sudah menyiapkan segalanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Irawan Wahyono menyampaikan, segala apapun yang terkait dengan persiapan PPDB tingkat SMP sudah sangat siap, tinggal pelaksanaanya.

“Kita sudah siap yah, sosialisasi sudah, petunjuk teknis sudah, jadi tinggal pelaksanaanya saja, di tanggal 29 Juni sampai 7 Juli,”katanya kepada Suara Cirebon, di ruangan kerjanya, Kamis (18/6/2020).

Ia memaparkan,  sistem PPDB tingkat SMP di Kota Cirebon, ada empat jalur yang menjadi syarat, yakni jalur Zonasi dengan batas kuota 50%, prestasi 30%, jalur afirmasi 15%, dan jalur perpindahan tugas orang tua 5%.

“Pelaksanaanya dua tahap, tahap satu tanggal 29 Juni sampai 7 Juli itu jalur prestasi, afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua,” katanya.

Sambung dia, untuk tahap dua dari tanggal 3 Juli sampai dengan 7 Juli dilanjut dengan jalur zonasi.

BACA JUGA: Usul, Bantuan Telur Diganti Komoditas Lain

Ia juga menjelaskan bagi siswa SD yang mendaftarkan melalui jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua hanya bisa memilih satu sekolah yang dituju.

“Kalau jalur zonasi itu siswa boleh milih dua sekolah, misal, pilihan pertama SMP 11 pilihan keduanya SMP 17 ya itu silahkan,”katanya.

Irawan menegaskan, di Kota Cirebon, khususnya SMP, tidak ada sekolah yang kurang diminati oleh masyarakat, sebab, kini, seluruh SMP di Kota Cirebon memiliki program unggulan masing-masing.

“Apalagi sekolah-sekolah sekarang mempunyai program unggulan, namanya Brand Produc School, pasti ada peminatnya,” katanya.

BACA JUGA: DPRD Kota Cirebon Tagih Janji PDAM Tirta Giri Nata

Lanjtu dia, seluruh sekolah di Kota Cirebon tidak hanya melulu ke pengembangannya tidak hanya ke pengetahuan saja, melainkan soft skill. (M. Surya)

Comment