by

7 Kasus Positif Beruntun

KABUPATEN CIREBON, SC- Setelah sempat masuk zona biru karena kasus mulai landai dalam beberapa pekan, kini kasus terkonfirmasi positif  Covid-19 Kabupaten Cirebon bertambah kembali secara beruntun. Dalam tiga hari, yakni sejak Kamis sampai Sabtu (2-4/7/2020), penambahan kasus positif mencapai 7 orang. Padahal sebelumnya, dari 19 kasus positif yang ditangani tim Gugus Tugas Kabupaten Cirebon, hanya tersisa 1 pasien positif yang masih menjalani perawatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, mengatakan penambahan kasus terkonfirmasi positif tersebut berasal dari kluster Kota Cirebon. Kasus ke-20 berjenis kelamin perempuan dengan usia 45 tahun dan berdomisili di Kota Cirebon. Namun KTP-nya tercatat sebagai warga Kabupaten Cirebon. Kasus ke 20 diketahui positif saat menjalani rawat inap di rumah sakit dan dilakukan rapid tes dengan hasil reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan test swab di PCR RS Pelabuhan pada 1 Juli 2020 dan hasilnya positif.

Sedangkan kasus ke-21 dan 22, kata Nanan, merupakan pasangan suami istri (Pasutri) yang mempunyai kontak erat dengan kluster Kota Cirebon. Kasus ke-21 berjenis kelamin laki-laki berusia 26 tahun. Dan kasus ke-22 berjenis kelamin perempuan dengan usia 23 tahun.

“Keduanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan saat ini melakukan isolasi mandiri, tapi Alhamdulillah kasus ke-19 sudah dinyatakan sembuh,” kata Nanan.

Dia menambahkan, untuk kasus ke 23 sampai 26 merupakan warga di Kecamatan Gunungjati yang punya kontak erat dengan kasus ke 21 dan 22. “Hasil tracing kasus ke 21 dan 22 didapati kontak erat sebanyak 15 orang, dan 4 di antaranya positif,” papar Nanan. “Dari 4 kasus positif tersebut, satu di antaranya merupakan bayi berusia 6 bulan yang merupakan anak pasutri atau kasus 21 dan 22,” imbuhnya. 

BACA JUGA: Kenaikan Tarif Berobat di Puskesmas Masih Dikaji

Sedangkan 3 kasus lainnya, anak laki-laki berusia 7 tahun, perempuan berusia 12 tahun, dan laki-laki berusia 57 tahun. “Saat ini 4 kasus tersebut melakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Dengan penambahan jumlah kasus positif tersebut, total kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Cirebon menjadi 26 orang. Sebanyak 16 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 7 orang masih dalam perawatan, dan 3 orang meninggal dunia. (Islah)

Comment