by

Desa Kebonturi Jadi Kampung Tangguh

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon ditunjuk menjadi Kampung Tangguh bernama Kampung Tangguh Sangkan, Selasa (14/7/2020). Hal itu berkat kedispilan warga setempat yang patuh menerapkan protokol kesehatan dan melakukan tiga hal lainnya, seperti ketertiban dan keamanan, kesehatan, serta ketahanan pangan.

Kuwu Kebonturi, Subur mengatakan, dalam situasi pandemi ini, pihaknya setiap hari selalu sosialisasi kepada warga tentang bahaya Covid-19. Sehingga desa tersebut tidak terpapar dan melaksanakan protokol kesehatan untuk menjaga masyarakat agar tidak tertular.

“Semua apa yang ada di program desa, dari pihak Polresta maupun muspika kecamatan sendiri mengakui, kalau program Desa Kebonturi sama dan pantas menjadi Kampung Tangguh. Teruma dalam hal memutuskan mata rantai Covid-19 berhasil,” kata Subur ketika ditemui di kantornya, Rabu (15/7/2020).

Dalam melakukan sosialisasi tersebut, setiap hari Babinsa dan Babinkhamtibmas berkeliling ke lingkungan Desa Kebonturi. Selain itu, bidan desa juga selalu rutin melaksanakan kegiatan posyandu.

“Kesehatan warga kami selalu terjaga, pemdes selalu melakukan penyemprotan karena alat-alatnya serta bilik penyemprotan kita ada. Pencucian tangan di setiap rumah kita bagikan,” ujarnya.

BACA JUGA: Tangkal Korona, Kebonturi Semprotkan Disinfektat di Tempat Umum

Bahkan, terkait ketahanan pangan, desa ini juga memilki kolam ikan lele, peternakan domba, serta pembuatan kompos. Selain itu, UMKM di wilayah ini pun berjalan dengan baik. “Begitu juga BUMDes yang ada di desa kami semua berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Vicky)

Comment