by

Habiskan Rp30 M, IAIN Syekh Nurjati Miliki Gedung Termegah di Cirebon

CIREBON, SC- Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin MA melalui Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof Dr M Arskal Salim GP MAg meresmikan gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon secara online, Kamis (16/7/2020).

Dalam kesempatan itu, Arskal Salim mengatakan, gedung yang dibangun menggunakan anggaran dari Surat Berharga Syariah Negara(SBSN) tahun 2019 ini didaulat menjadi gedung perkuliahan yang paling megah dan representatif di Cirebon. Hal itu diungkapkannya setelah melihat tayangan video gedung tersebut yang dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup modern.

“Mudah-mudahan gedung SBSN yang akan dimanfaatkan FITK ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan membawa berkah. Karena bagaiamna pun, membangun gedung kuliah itu tidak hanya membangun fisiknya saja. Namun yang lebih penting adalah membangun manusianya yang ada di fakultas ini oleh tenaga pendidika dan kependidikan,” paparnya.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Luncurkan Aplikasi Pembelajaran Daring

Bahkan, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menjelaskan, peresmian ini memiliki nilai historis tersendiri bagi kampus setempat, khususnya FITK. Pasalnya, dibandingkan dua fakultas lainnya, yaitu Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) serta Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), FITK menjadi fakultas terakhir yang memiliki gedung baru ini. Dan pembangunan gedung 3 fakultas tersebut, seluruhnya menggunakan anggaran dari SBSN.

“Allahamdulillah, pembangunan gedung ini diberi bantuan yang sumbernya dari SBSN sebesar Rp30 miliar. Dari jumlah tersebut hampir terserap semuanya, yaitu 99,97 persen atau sekitar Rp29.991.912.000,” ungkap Sumanta.

Menurut dia, dibandingkan IAIN lainnya di Indonesia, bantuan sebesar Rp30 miliar yang diterima IAIN Syekh Nurjati Cirebon tersebut tergolong cukup besar. Karena IAIN lainnya menerima di bawah jumlah tersebut. Untuk itu, Sumanta berharap FITK dapat memanfaatkan gedung tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Dengan support keluarga besar Kementerian Agama, Alhamdulillah IAIN Cirebon mendapat bantuan yang cukup tinggi dibandingkan IAIN lainnya. Ini suatu kebahagiaan sendiri bagi kami, khususnya Sivitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Karena semua fakultas sudah menempati gedung yang baru. Mudah-mudahan sarana dan prasarana ini kita jaga bersama agar kita bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua stakeholder,” ujarnya.

BACA JUGA: Banyak Remaja Terpapar Radikal, IAIN Cirebon Selenggarakan Seminar Internasional

Sementara itu, Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon,  Dr H Farihin Nur MPd memaparkan pembangunan gedung tersebut dimulai pada bulan Mei hingga 31 Desember 2019. Gedung ini, imbuhnya, terdiri dari 5 lantai. Lantai pertama untuk perkantoran, lantai 2 hingga 4 untuk perlukiahan, lantai 5 untuk beberapa kantor jurusan dan auditorium.

“Alhamdulillah, gedung ini sudah rampung 100 persen dengan memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Yaitu untuk kegiatan perkuliahan, perkantoran,  penelitian, dan sebagainya. Untuk kegiatan operasional di gedung ini sebenarnya sudah dimulai sejak 27 Juni lalu. Bahkan, beberapa minggu kemarin juga digunakan untuk sidang munakosah. Sedangkan untuk ruang perkuliahan belum digunakan karena masih menerapkan pembelajaran daring. Mudah-mudahan gedung ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum,” pungkasnya. (Arif)

Comment