by

Permasalahan di Kampung KB di Kabupaten Cirebon Kompleks

KABUPATEN CIREBON, SC- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Iyan Ediyana menghadiri acara khitanan massal di Kampung KB Cempaka, Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik, Rabu (22/07/2020). Kegiatan yang diselenggarakan untuk anak yatim dan keluarga kurang mampu ini digelar di balai desa setempat.

Iyan mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, kitanan massal ini merupakan kegiatan positif karena sangat bermanfaat dan membantu masyarakat kurang mampun untuk mengkhitan anaknya.

“Jadi saya sangat mengapresiasi sekali dan patut dicontoh dan diikuti kampung-kampung KB di masing-masing kecamatan dan dilanjutkan tiap tahunnya. Ini bagian dari tugas dinas kami juga kaitan dengan perlindungan anak,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, di Kabupaten Cirebon sudah ada lebih dari 200 kampung KB. Bahkan, kampung KB di Desa Mertasinga telah dicanangkan oleh presiden untuk menjadi icon nasional. Namun, sekarang namanya berubah, kampung KB yang sebelumnya berarti kampung keluarga berencana menjadi kampung keluarga berkualitas.

“Di sini perlu adanya kontribusi dari SKPD lainnya kaitan dengan pengentasan kampung keluarga berkualitas. Karena di sini bukan hanya menjadi tugas dari DPPKBP3A saja, di sini perlu peran serta dari semua SKPD karena kampung berkualitas itu sendiri banyak kaitannya, seperti masalah keluarga miskin, air bersih, sanitasi, sampah, dan sebagainya,” terangnya.

BACA JUGA: BKKBN Hapus Jabatan Eselon III dan IV

Jadi, lanjut Iyan, permasalahan di kampung keluarga berkualitas ini sangat kompleks, bukan hanya di satu sisi saja. Sehingga, ada tupoksi masing-masing dari SKPD terkait. “Jadi kami ini dinas DPPKBP3A hanya bersifat kordinasi, bagaimana meningkatkan suatu kualitas keluarga, tentunya kita harus merangkul semua dinas. Maka dari itu perlu semua dinas turun rembuk di situ memberikan kegiatan yang ada di situ,” pungkasnya. (Vicky)

Comment