by

Puskesmas Gunungsari Tidak Beroperasi Dulu

KOTA CIREBON, SC- Empat tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas Gunungsari Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

Begitu yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Operasi Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, Eddy Sugiarto kepada Suara Cirebon.

Dikatakan dia, terdeteksinya positif Covid-19 keempat nakes tersebut berdasarakan hasil tes swab massal seluruh nakes di Kota Cirebon beberapa hari lalu di BKKBN.

“Benar mas ada 4 nakes yang positif, mereka bertugas di Puskesmas Gunungsari, hasilnya baru kemarin-kemarin keluar,” kata Edy.

Dengan adanya keempat nakes yang terpapar Covid-19 itu, Eddy menegaskan, Puskesmas Gunungsari sementara waktu ini dianjurkan tidak menerima pelayanan.

“Sampai hari Sabtu kami anjurkan Puskesmas Gunungsari tidak beroperasi dulu. Nanti kalau hasil swabnya keluar beroperasi kembali, kalau masih positif, kita tambah 10 hari jangan beroperasi dulu,” jelasnya.

BACA JUGA: Cirebon Siap Jadi Transit Jemaah Umrah

Edy meminta, kepada tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas untuk meningkatkan kewaspadaan pemakaian alat pelindung diri (APD) untuk tingkat yang setinggi-tingginya. “Jadi, kelengkapannya harus sempurna. APD di seluruh layanan puskesmas wajib memakai APD yang terlengkap,” ungkapnya.

Selain itu, Eddy juga membenarkan dengan bertambahnya 5 pasien positif Covid-19 sekaligus di Kota Cirebon yang sudah sembuh total, bahkan sudah pulang ke rumah masing-masing.

“Ya Alhamdulillah, kami juga umumkan 5 pasien posistif Covid-19 sudah sembuh dan dua kali tes swab hasilnya negatif, pasien sudah pulang ke rumah,” ungkapnya.

Eddy menyebutkan, kelima pasien sembuh itu berasal dari kluster Pamitran dan Samadikun. Dengan bertambahnya lima pasien sembuh sebagai berita yang menggembirakan. “Sisa pasien yang positif masih dirawat di Rumah Sakit Gunung Jati dan Rumah Sakit Ciremai,” paparnya.

BACA JUGA: Ratusan Warga Kota Cirebon Terjaring Razia Masker

Hasil pantauan Suara Cirebon di website resmi Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 (Pikocir) Kota Cirebon, total seluruh positif Covid-19 sebanyak 31, dari jumlah tersebut 11 di antaranya dalam pengawasan, 18 sembuh, dan 2 meninggal dunia. (M Surya)

Comment