by

Rekomendasi Cawabup Cirebon Belum Sampai ke Pemkab

DPC PDIP Belum Kirim Tembusan Rekomendasi Cawabup ke Pemkab Cirebon

KABUPATEN CIREBON, SC- Setelah rekomendasi Calon Wakil Bupati (Cawabup) dari DPP PDI Perjuangan turun dan sudah bergulir di DPRD untuk proses pemilihannya. Namun, ternyata ada proses yang belum di tempuh oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, yaitu pihak DPC belum memberikan tembusan rekomendasi tersebut ke Pemkab Cirebon.

Asda I Bidang Pemerintahan, Ekonomi, dan Pembangunan, Hilmi Rivai mengatakan, meskipun ketua DPC PDI perjuangan merupakan Bupati Cirebon, namun sampai saat ini Pemkab Cirebon belum mendapat tembusan rekomendasi tersebut. Padahal, surat tembusan itu merupakan sebuah keharusan agar Pemkab Cirebon juga bisa mempersiapkan proses pemilihan Wabup.

“Harus ada tembusan ke kita juga. Ini bukan Pak Imron-nya, tapi Bupati-nya harus dapat tembusan juga. Betul, ada proses yang belum ditempuh DPC. Kita belum dapat tembusan juga walaupun ketua DPC-nya Pak Bupati,” ujar Hilmi, Selasa (30/6/2020).

Sejauh ini, kata Hilmi, Pemkab Cirebon mengetahui turunnya rekomedasi itu hanya dari berita di media massa saja. Termasuk mendengar kabar satu nama pendamping Ayu yang sudah di tunjuk DPC, yakni Cunadi. “Ya, katanya pendampingnya atas nama Cunadi,” papar Hilmi.

Kendati demikian, pihaknya sudah berkirim surat kepada DPC PDI Perjuangan dan DPRD Kabupaten Cirebon untuk mempersiapkan pemilihan Wabup. Setelah pihaknya mendapat surat tembusan dari DPC nanti, maka Bagian Pemerintahan Pemkab Cirebon juga akan menyiapkan seluruh regulasinya.

“Nanti saya mau mengingatkan juga teman-teman DPC supaya nanti ada tembusan ke kita. Supaya antara eksekutif dan legislatif bersama-sama untuk menyiapkan pemilihan Wabup. Prosesnya bisa secepatnya kalau sudah ada rekom, nanti kita support dari regulasinya,” jelas Hilmi.

Sementara itu, disinggung belum adanya tembusan rekomendasi ke Pemkab Cirebon, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Drs H Imron MAg mengaku akan segera mengirim surat tembusan rekomendasi ke pihak Pemkab Cirebon. Namun, ia memastikan bahwa surat rekomendasi Cawabup Cirebon sudah diketahui pihak DPRD.

BACA JUGA: Tancap Gas Bahas Wabup Cirebon

Imron juga membenarkan bahwa DPC sudah menentukan nama pendamping Ayu, yakni Cunadi. “Kalau utusan (rekomendasi) kan satu, nah yang Cunadi ini dari intern kita,” kata dia.

Imron menjelaskan, Cunadi sendiri bukan berasal dari struktur kepengurusan DPC. Melainkan hanya seorang kader yang sering membantu dirinya. “Cunadi ini menjadi fasilitator atau penghubung ke para kyai-kyai,” paparnya. (Islah)

Comment