by

Salurkan BST Kemensos Tahap III

KABUPATEN CIREBON, SC- Sejumlah pemerintah desa di Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) tahap 3, Sabtu (11/7/2020). Bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 tersebut sebesar Rp600 ribu.

Di Desa Cisaat, Kecamatan Waled, bantuan tersebut disalurkan kepada 57 KK oleh PT Pos di balai desa setempat. “‎Pembagian kami laksanakan di kantor desa, dengan tetap mengedepankan protokoler kesehatan selama pandemi virus Corona,” Ungkap Kuwu Cisaat Toto Suharto kepada Suara Cirebon di ruang kerjanya. 

Sedangkan di Desa Cikulak, Kecamatam Waled, menyalurkan BST tahap III diberikan kepada 320 KK yang termasuk di dalam Data Terpadu Kementrian Sosial (STKS) bagi masyarakat terdampak Covid-19 bertempat di gedung serba guna desa setempat.

Kuwu Cikulak, Yusnaedi menyampaikan, dengan telah disalurkannya BST-Kemensos tahap III ini, masyarakat penerima manfaat dari Kemensos telah rampung menerima bansos selama 3 bulan. Setiap bulannya, warga mendapatkan Rp600 ribu, jadi total yang telah didapatkan selama 3 bulan ini sebesar Rp1,8 juta.

“BST-Kemensos tahap III telah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima, artinya masyarakat yang mendapat bansos dari Kemensos telah rampung, semoga apa yang sudah didapat dapat bermanfaat selama pandemi virus Corona,” ujarnya.

Dalam penyaluran bansos di Desa Cibogo, Kecamatan Waled, pemerintah desa setempat mengedepankan musyawarah mufakat bersama semua pihak sesuai dengan kearifan lokal desa, dalam menjaga kondusifitas masyarakat.

“Kami telah menyalurkan BST-Kemensos tahap I hingga III, sesuai data yang diterima desa bagi masyarakat yang tidak terdata mendapatkan bantuan dari sumber yang lain,” ujar Kuwu Cibogo, Ahmad Hudori.

BACA JUGA: 25 Ribu Ayam di Cirebon Hangus Terbakar

Di Kecamatan Suranenggala, penyaluran BST tahap III dilaksanakan di 3 titik, yakni di kantor Kecamatan Suranenggala, Desa Purwawinangun, dan Desa Suranenggala Kidul. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan masyarakat dalam jumlah besar.

“Di Desa Purwawinangun itu melakukan pembagian untuk dua desa, Purwawinangun dan Muara. Untuk 1 desa lain di Suranenggala Kidul dan sisanya di kecamatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan juga diberlakukan jam pengambilan bansos, antara satu desa dengan desa yang lainnya berbeda,” jelasnya Camat Suranenggala, Indra Fitriani.

Untuk data penerimanya, kata Fitri, sama seperti pada pembagian tahap pertama dan tidak ada perubahan, yaitu sebanyak 890 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19.

Sementara penyaluran BST tahap II di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung mengalami penurunan kuota. Untuk tahap pertama dan kedua kuota yang didapat sebanyak 1.009. Namun di tahap ke tiga ini mendapatkan pengurangan sebanyak 104 KK, sehingga yang diterima hanya untuk 905 KK. Hal tersebut berdasarkan data yang diterima pihak desa melalui PT Pos sebagai pelaksana penyaluran BST-Kemensos.

BACA JUGA: Pro Kontra Rekom Cawabup Cirebon, Ayu Dilindungi Konstitusi, Punya Hak Memilih dan Dipilih

“Dirinya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, perihal penurunan kouta BST-Kemensos tidak sesuai tahap pertama dan juga tahap ke dua, agar masyarakat yang tidak terdata di tahap ke tiga tidak menimbulkan kecemburuan,” kata Kuwu Kertawinangun, Dedi. (Baim/Vicky)

Comment