by

Seluruh Desa di Kabupaten Cirebon Segera Terkoneksi Internet

KABUPATEN CIREBON, SC- Untuk kemajuan Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan menggandeng pihak Telkom untuk memfasilitasi seluruh desa agar terkoneksi jaringan internet.

Saat pertemuan dengan pihak Telkom, Bupati menegaskan, dirinya ingin Kabupaten Cirebon tidak kalah bersaing dengan wilayah lainnya. Oleh karenanya, untuk bisa mendukung daya saing itu, perlu adanya peningkatan fasilitas informasi dan teknologi.

“Kita harus bisa menggali dan mengembangkan potensi yang ada, salah satunya melalui fasilitas telekomunikasi,” ujar Imron, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, adanya fasilitas internet ini diharapkan bisa membantu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Cirebon yang sangat luas dan memiliki penduduk lebih dari 2 juta jiwa. Ia mencontohkan, pelayanan KTP yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, perlu dibuat inovasi. Hal itu untuk mempermudah warga yang lokasinya jauh dari pusat Kabupaten Cirebon yakni Sumber.

“Dengan adanya fasilitas internet ini, nantinya pengurusan KTP bisa dilakukan melalui kecamatan setempat, tidak perlu harus jauh ke Sumber. Saya ingin, adanya teknologi ini, bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya KTP,” kata Imron.

Sementara, Manager Marketing Devisi Telkom Regional III Jawa Barat, Heru Agung Nugrahanto menuturkan, saat ini pihaknya sedang mempercepat proses penyediaan infrastruktur di seluruh desa di Kabupaten Cirebon. Dia menjelaskan, saat ini sudah ada sekitar 200 desa yang sudah terkoneksi jaringan internet fiber optik.

BACA JUGA: Tahun Ini Pemkab Dorong Infrastruktur Internet Desa

Ia memperkirakan, dalam tiga bulan ke depan, seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon sudah bisa terkoneksi dengan jaringan fiber optik. “Triwulan tiga ini, kita kebut semua. Sehingga 412 desa di Kabupaten Cirebon bisa terkoneksi internet,” ucap Agung.

Menurutnya, jika nanti seluruh desa di Kabupaten Cirebon sudah bisa terkoneksi dengan jaringan fiber optik, maka Kabupaten Cirebon menjadi daerah pertama yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik. “Cirebon akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik,” paparnya. (Islah)

Comment