by

Wakil Walikota Cirebon Apresiasi Kinerja Dinas Pendidikan

KOTA CIREBON, SC – Masa Pengenalan Lingkunga Sekolah (MPLS) di Kota Cirebon sudah mulai berjalan dengan menggunakan sistem dalam jaringan, sebab masih menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang masih merebak.

Wakil Wali Kota (Wawali) Cirebon Dra Hj. Eti Herawati mengakatan, pengenalan sekolah kepada siswa baru dengan menggunaka daring ini tidak mengurangi semangat para petugas pendidikan untuk terus mengenalkan sekolah masing-masing.

“Materinya sih tetap sama seperti MPLS dengan cara langsung, tapi MPLS dengan sistem daring ini tidak menurunkan dan mengurangi rasa semangat tetap mensosialisasikan sekolah masing-masing,” kata Eti kepada Suara Cirebon saat melakukan monitoring MPLS di SMPN 1 Kota Cirebon, Jl Siliwangi Kota Cirebon, Rabu (15/7/2020).

Tak hanya itu, Eti menyampaikan terimakasih kepada jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon yang berkerjasama dengan TV lokal untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini.

“Ini menjadi solusi untuk di dunia pendidikan saat pandemi, karena tidak semua siswa mampu untuk membeli kuota dan juga smartphone yang memadai,” katanya.

BACA JUGA: Disdik Kota Cirebon Tetap Jalankan PJJ

Eti juga menyebutkan, terobosan yang dilakukan oleh jajaran Disdik Kota Cirebon merangkul media TV untuk mempermudah siswa dalam belajar jarak jauh itu sangat baik.

“Terobosan ini sangat baik yah, top buat Disdik Kota Cirebon, saya sangat mengapresiasi dinas pendidikan kota Cirebon,” kata Eti.

Pada sistem PJJ ini, Eti meminta seluruh kepala sekolah dari berbagai tingkat untuk mengikuti PJJ karena materinya sudah susun oleh jajaran Disdik Kota Cirebon.

“Di masa pandemi ini, per hari ini belum ada regulasi untuk bisa tatap muka langsung, ini salah satu solusi yang kita lakukan, untuk para orang tua murid yang menemani anak-anaknya dapat memanfaatkan kebersamaan ini,” ujar Eti.

BACA JUGA: DPRD Kota Cirebon: Jangan Ada Penambahan Rombel

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Irawan Wahyono menuturkan, kegiatan MPLS di Kota Cirebon berjalan sangat lancar. “Karena di saat pandemi Covid-19 maka MPLS ini dilakukan secara virtual di setiap sekolah masing-masing,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan MPLS secara daring untuk memperkenalkan suasana atau lingkungan sekolah kepada siswa-siswi yang baru. “Ini untuk memberikan penjelasan bagi siswa baru untuk memahami suasana lingkungan sekolah yang ditujunya, setidaknya untuk mengenal guru-gurunya,” katanya. (M. Surya)

Comment