by

Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Gelar Comic 2.0

CIREBON, SC- Dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI, menggelar ajang kompetisi Communication Interest Contest (Comic) 2.0 2020 di Auditorium Gedung FUAD, kampus setempat, Selasa (17/11/2020).

Kepala Jurusan KPI, H Moh Aan Burhanudin menuturkan, kegiatan ini diadakan sebagai kegiatan tahunan HMJ KPI, yang bersinergi dengan jurusan KPI, dalam mewujudkan mahasiswa KPI yang unggul dan kompetitif, serta memiliki kualitas dan kapasitas dalam mengasah kemampuannya di bidang komunikasi dan dakwah (khususnya), serta bidang lain yang dapat menunjang prospek kerja mahasiswa KPI ke depannya.

“Tujuan yang spesifiknya yaitu, menggali bakat dan potensi masing – masing mahasiswa, kecenderunganya ke mana yang mereka kuasai itu, kemudian kita hadirkan wahana atau wadahnya dengan bersinergi dengan HMJ KPI, sehingga mahasiswa bisa terlatih dengan baik, dan mampu bersaing di kompetisi tingkat nasional, serta  dapat mamiliki prospek kerja yang baik,” kata Aan kepada Suara Cirebon, saat ditemui di kantornya, Selasa (17/11/2020).

BACA JUGA: Berbagai Kegiatan Meriahkan HUT ke-19 KPI IAIN Cirebon

Sementara itu, Ketua HMJ KPI, Deni menambahkan, selain untuk menggali potensi mahasiswa KPI baik internal maupun eksternal tiap individunya, Comic merupakan ajang kegiatan yang sakral. Pasalnya, kegiatan ini dilaksanakan hanya satu tahun sekali, dalam momen peringatan HUT KPI.

“Kegiatan ini di samping sebagai Event Organizer (EO), juga sasarannya untuk panitia dan pengurus sebagai pengalaman mereka. Karena, acara Comic ini acara yang sakral, satu tahun sekali, dan harapannya mahasiswa KPI ini bukan hanya bermain di tingkat internal kampus, tapi di luar kampus,” paparnya.

Selain itu, imbuh Deni, Comic ini menjadi momen untuk menumbuhkan semangat pada mahasiswa KPI dalam mengasah kemampuannya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

“Harapan saya ke depannya, kegiatan ini jadi progres yang baik, dapat memanfaatkan alat – alat di laboratorium, juga dapat menumbuhkan semangat untuk temen – temen mahasiswa KPI lagi,” imbuhnya.

Ketua Pelaksana Comic 2.0, Fadholi menyampaikan, pada kegiatan ini, pihaknya menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Menurut Fadholi, ajang kompetisi perlombaan ini dibagi menjadi dua konsep, yaitu terdapat perlombaan yang dikhususkan untuk mahasiswa KPI, dan juga ada yang ditujukan untuk mahasiswa serta pelajar yang berada di wilayah Cirebon.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Dinyatakan Lulus Jadi UIN, Tinggal Tunggu Kepres

“Di dalamnya ada beberapa perlombaan, ada yang khususnya untuk mahasiswa KPI, dan umumnya untuk mahasiswa dan pelajar yang berada di wilayah Cirebon. Ada sembilan perlombaan, yaitu dakwah, fotografi, desain, vlog video, presenter, e-sport, essay, tiktok, itu untuk umum, dan futsal khusus mahasiswa-mahasiswi KPI,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Fadholi, setelah acara pembukaan Comic 2.0 2020 usai, kemudian diadakan webinar kesehatan, guna menyosialisasikan pentingnya dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi ini. Webinar ini dihadiri oleh beberapa pemateri, yaitu Dr H Ahmad Yani selaku Ketua Satgas Covid-19 IAIN, Bambang Y Sundayana Ketua KAPI, dan Saeful Badar Dosen IAIN. (Yusuf)

Comment