by

Percantik Pusat Pemerintahan, DLH Kabupaten Cirebon Pasang Lampu Taman

SUMBER, SC- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon sedang berupaya mempercantik tampilan pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon dengan membangun tempat lampu taman di sepanjang jalan protokol, yakni Jalan Sunan Malik Ibrahim, Sumber.

Ditargetkan, pada akhir bulan November ini sekira 50 titik lampu sudah bisa menyala. Sehingga, bisa mempercantik jalan protokol di pusat pemerintahan daerah ini pada malam hari.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DLH Kabupaten Cirebon, Fitroh Suharyono mengatakan, sebelumnya memang sudah terpasang lampu taman di sepanjang trotoar jalan tersebut. Namun, lampu tersebut tidak efektif karena tenaga lampu taman tersebut menggunakan solar cell atau panel surya tenaga matahari.

“Yang dulu memakai solar cell itu tidak efektif karena banyaknya tanaman yang menutupi bagian atas solar cell tersebut. Maka tahun ini kita pengadaan lagi lampu taman dengan tenaga listrik jaringan,” kata Fitroh, Selasa (17/11).

Selain tertutup oleh pepohonan di sepanjang jalan tersebut, polusi udara di sepanjang jalan juga berpengaruh kepada panel solar cell tersebut.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Dinyatakan Lulus Jadi UIN, Tinggal Tunggu Kepres

“Menurut saya selama masih ada jaringan, lebih efektif memakai jaringan. Kabupaten Cirebon polusinya tinggi, jadi serapan untuk energinya kurang,” jelas Fitroh.

Dijelaskan Fitroh, selain untuk hiasan, pemasangan lampu taman juga untuk memperindah kawasan jalur protokol Kabupaten Cirebon. Sehingga, warga yang yang berkunjung ke Sumber pada malam hari bisa nyaman.

“Untuk lampunya berwarna putih, tapi pada lapisan luarnya, ada ornamen mega mendungnya,” papar Fitroh.

Ia menargetkan, pada akhir bulan November ini sekira 50 titik lampu taman sudah bisa menyala. Selain lampu taman, imbuhnya, pihaknya juga berencana membuat area bermain anak di taman PKK, Sumber. Area bermain anak di taman hutan kota Sumber yang ada saat ini, dinilai masih kurang memadai.

“Kalau berbicara kurang, untuk mempercantik tampilan muka jalur protokol ini yang kurang adalah area bermain anak. Rencananya nanti ada area bermain anak ditaman PKK,” ungkapnya. (Islah)

Comment