by

UPT PSDAP Cikeusik Bersihkan Sampah

KABUPATEN CIREBON, SC- Hujan yang terus menerus di wilahah timur Kabupaten Cirebon membawa dampak berupa sampah yang menumpuk  di saluran sekunder, termasuk  yang berada di saluran sekunder di Desa Losari Kidul hingga dilakukan pembersihan dan diangkut ke mobil dinas agar saluran sekunder bisa bebas sampah dan bersih lagi.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas PUPR melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSDAP Cikeusik, Waled, Mabruri. Menurutnya, kegiaatan rutinitas selalu dilakukan dalam membersihkan sampah di saluran irigasi tiap bulan, apalagi, waktu musim penghujan dinas selalu aktif membersihkan saluran irigasi.

“Kegiatan PUPR melalui UPT berupa membersihkan sampah sampai terangkutnya sampah ke mobil dinas dan dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah, sehingga saluran irigasi bisa bebas sampah dan saluran irigasi sekunder bisa lancar kembali,” tutur Mabruri, Senin (7/12/2020).

Dijelaskan, kegiatan pengangkutan sampah tersebut juga dibantu oleh Pemdes Losari Kidul melalui Raksa Bumi beserta masyrakat. Tingkat partisipasi masyarakat Desa Losari Kidul sangat tinggi dalam membantu kegiatan PUPR membersihkan sampah, selanjutnya sampah tersebut dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA).

Sementara itu, Raksa Bumi Losari Kidul, Jon Aim alias Durahim mengatakan, bahwa pihak Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari turut serta giat dengan Dinas PUPR dalam membersihkan sampah di saluran irigasi sekunder.

BACA JUGA: Atasi Kekeringan Lahan Pertanian, Petani Ramai-ramai Bendung Sungai Cisanggarung

Kegiatan yang dimulai pagi hari sampai siang hari berupa pembersihan di saluran sekunder, pengangkutan sampah ke mobil dinas sampai dibuang ke TPA. Kerja yang cepat dan tepat yang dilakukan Dinas PUPR dengan Pemdes Losari Kidul nampak membuahkan hasil dengan tidak adanya sampah di saluran sekunder di desa tersebut. (Dedi)

Comment