by

Laporan Keuangan Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon Surplus

CIREBON, SC- Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cirebon memuji Ketertiban dan keteraturan administrasi Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hal itu disampaikan saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Harapan Sejahtera di ruang Auditorium FITK, lantai lima gedung kampus setempat, Rabu (26/1/2021).

Perwakilan Dekopinda Kota Cirebon, Dr Hj Maemunah mengatakan, dari 300 lebih koperasi di Kota Cirebon, Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan ke 29 yang telah melaksanakan RAT tahun buku 2020.

“Dari sebanyak 300 lebih koperasi di Kota Cirebon, IAIN Cirebon merupakan urutan yang ke 29 yang sudah melaksanakan RAT. Bahkan menurut laporan pembukuan, Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon tahun 2020 ini laporan keuangnnya surplus. Ini menandakan ketertiban administrasi yang baik,” ujarnya.

Perkembangan koperasi IAIN Cirebon yang cukup baik di tahun 2020 ini, mengingat sebelumnya koperasi IAIN Cirebon pada tahun 2019 perkembangan sempat stagnan.

Untuk itu, Dr Maemunah juga menawarkan kepada Koperasi Harapan Sejahtera bahwa untuk selain simpan pinjam dan minimarket, juga bisa membuka pengembangan obat-obatan, sehingga nantinya ke depan sudah memiliki apotik sendiri dan dokter praktik yang dibutuhkan.

Hal senada disampaikan Edy Chandra, Ketua Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon, bahwa di masa Covid 19 ini, koperasi terus bertahan dengan berbagai tekanan yang ada, namun koperasi mampu mengembangkan melalui layanan digital yang bisa diakses semua anggota, jadi lebih mudah dan efektif serta mampu mencegah penyebaran covid 19.

“Alhamdulillah, sepanjang tahun 2020 KPRI Harapan Sejahtera di tengah tekanan covid 19 begitu luar biasa, namun berhasil mencatatkan kenaikan laba sebesar 34 persen dibanding tahun sebelumnya. Kami memiliki anggota sebanyak 349 dan mampu melaksanakan RAT tepat waktu di bulan Januari dan merupakan koperasi ke 29 yang sudah RAT,” ujarnya.

BACA JUGA: FUAD IAIN Cirebon Sosialisasikan Pelaporan PDDIKTI

Sementara Dr Kartimi MPd, Warek 2, mewakili Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta MAg mengatakan, bahwa keberadaan Koprasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon merupakan sektor ekonomi yang dikembangkan lembaga bagi kesejahteraan para anggotanya. Karena sifat koperasi berasal dari kita, oleh kita dan untuk kita juga.

“Sebagai pimpinan tentu kami sangat mendukung dan mensuport setiap langkah yang diambil pihak koperasi,” ujar Kartimi sesaat sebelum membuka kegiatan RAT Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Cirebon Tahun Buku 2020 dengan tema ‘Tetap Maju dalam Keberkahan Meraih Sejahtera bersama Koperasi di Masa Covid 19,” tandasnya. (Arif)

Comment