by

Relawan Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

KOTA CIREBON, SC – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Cirebon menggelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Rumah, Rabu (27/1/2021). Kegiatan yang merupakan kerja sama Pemkot Cirebon dengan At-Taqwa Center itu, diikuti puluhan relawan kemanusiaan yang siap mengurus pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kota Cirebon.

Ketua Harian Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, puluhan relawan itu disiapkan untuk menangani jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia di rumah.

Menurut Agus, pelatihan yang dilaksanakan di Islamic Center Cirebon (ICC) Masjid Raya At-taqwa itu, direncanakan digelar selama dua hari. Seluruh peserta pelatihan diharapkan mampu melakukan pemulasaran jenazah dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

“Targetnya jenazah pasien Covid-19 ditangani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan syariat agama,” kata Agus.

Pria yang juga menjabat Sekda Kota Cirebon itu mengatakan, pasien yang meninggal dunia di rumah sakit setelah terkonfrimasi positif Covid-19, dipastikan pemulasarannya ditangani pihak rumah sakit.

“Pembiayaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah akan ditanggung oleh Pemda Kota Cirebon,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua At-Taqwa Center, Ahmad Yani, menghaturkan terima kasih kepada Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, yang telah berkenan kerjasama dengan At-Taqwa Center dalam pelatihan itu.

“Intinya kegiatan ini diinisiasi Satgas Covid 19 sebagai bentuk ikhtiar kami melawan wabah ini, dengan memberikan pelatihan pemulasaran jenazah covid di rumah,” kata Yani.

BACA JUGA: Pemkot Pastikan Gudang Penyimpanan Vaksin Covid-19 Siap

Yani memaparkan untuk tiap penanganan jenazah pasien Covid-19, pihaknya akan menurunkan 4 orang yang sudah mendapatkan pelatihan tentang protokol kesehatan dan syariat penanganan jenazah.

“Tim relawan akan mengurus jenazah dari awal sampai mengantarkan ke pemakaman,” pungkasnya. (Surya)

Comment