by

Belum Semua RW di Kota Cirebon Terima Bentor Sampah

KOTA CIREBON, SC- Ratusan RW di Kota Cirebon membutuhkan kendaraan pengangkut sampah. Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menyiapkan 55 becak motor (Bentor) sebagai pengganti gerobak yang selama ini digunakan.

Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini mengakui, jumlah tersebut belum sebanding dengan jumlah RW se-Kota Cirebon yang totalnya ratusan.

“Kami minta maaf yang belum menerima bentor. Tapi kami mencoba untuk bisa terpenuhi semuanya,” kata Kadini kepada awak media, Selasa (23/02/2021).

Menurut Kadini, bentor itu nantinya akan digunakan untuk mengakut sampah rumah tangga ke TPS. Karena keterbatasan jumlah bentor, lanjut Kadini, prioritas utama bagi RW di sekitar TPS yang ditutup beberapa bulan lalu.

“Rute pengambilan dan pengangkutan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing RW. Ada beberapa TPS yang ditutup. Tapi masih ada yang difungsikan. Maka bentor akan memudahkan pengangkutan sampah,” ujar Kadini.

BACA JUGA: Ganti Gerobak Sampah, 55 Bentor Siap Dibagikan

Keinginan Pemkot Cirebon, lanjut Kadini, semua RW di Kota Cirebon mendapatkan bentor. Hal itu akan membantu sekali masyarakat dalam menangani sampah.

“Bisa jadi tahun depan kelurahan yang menganggarkan bentornya atau juga kecamatan, kalau disatukan dengan LH tidak mampu, nanti tinggal kami mengajukan bantuan ke pusat atau provinsi mengajukan bentor lagi,” pungkasnya. (Surya)

Comment