by

Dinkop Dorong Kesejakteraan Nelayan melalui Koperasi

KABUPATEN CIREBON, SC- Dinas Koperasi dan UKM (DinkopUKM) Kabupaten Cirebon terus melakukan edukasi terhadap para nelayan. Hal itu tersebut bertujuan agar para nelayan lebih memahami tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan.

Upaya peningkatan kesejahteraaan tersebut, disambut baik oleh para nelayan khususnya nelayan di Desa Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan. Melalui Pj Kuwu Bungko Lor, Subhan yang meminta DinkopUKM untuk mengaktifkan kembali Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Jaka Bhakti yang sudah lama tidak aktif.

Menindaklanjuti permohoman tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon, M. Fery Afrudin beserta jajarannya belum lama ini mengadakan rapat aktifasi KUD Mina Jaka Bhakti yang dihadiri langsung oleh Ketua KUD Mina Jaka Bhakti, Kastu dan Pj. Kuwu Bungko Lor, Subhan, serta para nelayan dan dihadiri juga perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan.

Fery mengatakan, transformasi ekonomi nelayan menjadi kata kunci dalam peningkatan kehidupan masyarakat nelayan yang lebih sejahtera. Oleh karena itu, pihaknya akan terus memberikan edukasi terhadap para nelayan.

“Untuk bertransformasi dalam menjalankan kegiatan usahanya yang semula dilakukan secara perorangan maupun kelompok, menjadi koperasi,” kata Fery, Senin (22/2/2021).

Menurut dia, Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2020 juga sudah dilakukan yang bertempat di TPI Desa Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan yang dihadiri langsung dia beserta jajarannya, Ketua KUD Mina Jaka Bhakti, Pj. Kuwu Bungko Lor, beserta para nelayan anggota koperasi KUD Mina Jaka Bhakti.

“Pada agenda RAT tersebut juga dilaksanakan pemilihan pengurus koperasi yang baru, yang secara aklamasi memilih Pj. Kuwu Bungko Lor saudara Subhan menjadi Ketua KUD Mina Jaka Bhakti yang baru,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dinkop UKM Fasilitasi Kemitraan Koperasi dengan Samsat dan bjb

Ia berharap, ketua koperasi yang baru bisa lebih berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan koperasi yang tujuan utamanya untuk menyejahterakan para anggotanya dan meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat desa setempat dan sekitarnya.

“Semoga koperasi tersebut mampu menyejahterakan masyarakat Bungko Lor dan masyarakat Kabupaten Cirebon pada umumnya. Sesuai dengan tujuan utama dibentuknya koperasi,” pungkasnya. (Joni)

Comment