by

Pengurus PPS Cimande Awirarangan Dilantik

KUNINGAN, SC- Pencak silat merupakan warisan yang berasal dari nusantara dan dikenal luas di Indonesia. Budaya ini merupakan warisan yang harus dikembangkan  dan dilestarikan bersama dengan mengedepankan empat aspek.

“Keempat aspek itu yaitu beladiri, seni budaya, agama dan nilai-nilai kebaikan. Yang mampu mempertahankan eksistensi, dan integritas budaya ini  salah satunya adalah dunia akademis,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama saat menghadiri pelantikan calon Pengurus Perguruan Pencak Silat (PPS) Cimande Awirarangan 2021-2025 di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Sabtu (20/02/2021).

Menurut Bupati Acep. pencak silat ini adalah cabang olahraga yang mendunia dan sangat berkaitan erat dengan agama, karena silat merupakan syiar Islam jaman dulu. Jadikanlah anggota-anggota Cimande ini menjadi ksatria bermanfaat bagi semua orang di lingkungannya.

“Kita pernah mendeklarasikan dan berkomitmen bahwa Kuningan ingin menjadi kabupaten silat, ini bukan semata-mata Kuningan ingin penuh dengan jagoan-jagoan, tetapi sebaliknya dengan pesilat-pesilat ini akan melahirkan generasi yang memiliki komitmen, sportif, ksatria, dan saling melindungi sesame,” ujarnya.

Bupati mengucapkan selamat dan memberi pesan  pada putra-putri  penerus yang akan dilantik untuk tetap menghormati para pendahulu atau sesepuhnya  di Perguruan Silat Cimande serta menjadikan Perguruan Silat Cimande ini sebuah wadah yang bisa membahagiakan dan menyenangkan anggota atau masyarakat Kuningan.

“Selamat kepada seluruh jajaran pengurus Pencak Silat Cimande  periode 2021-2025 yang akan dilantik. Jadikanlah amanah ini untuk segera dipenuhi dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Bubarkan Hajatan

Sebelum mengakhiri sambutannya Acep berharap budaya ini akan tetap ada dan dilestarikan oleh putra-putri di nusantara. “Saya setuju dengan slogannya yaitu berdikari dengan jati diri berdikarya dengan budaya,” pungkasnya.

Hadir dalam acara, anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, Sekretaris Daerah Kuningan, Dian Rachmat Januar, kepala SKPD, pimpinan silat se-Kabupaten Kuningan, tokoh agama, tokoh mayarakat, Ketua Perguruan Silat Cimande, Ketua Pajajaran Cimande terpilih, ketua Koni dan undangan lainnya. (Aqeel)

Comment