by

Sungai Meluap, Satu Blok di Bakung Kidul Terisolasi

KABUPATEN CIREBON, SC- Intensitas curah hujan tinggi dengan durasi cukup lama di Kabupaten Cirebon, menyebabkan aliran sungai dari Dukupuntang menuju muara Bondet, Kecamatan Gunung Jati tepatnya di Blok Buntalan, Desa Orimalang, Kecamatan Jamblang, meluap. Akibatnya, luapan air membanjiri permukiman warga di Blok Kibongkok, Desa Bakung Kidul, Kecamatan Jamblang.

Pantauan Suara Cirebon di lokasi, banjir menyebabkan masyarakat di blok tersebut terisolasi. Pasalnya, akses jalan yang menghubungkan daerah itu terendam banjir dengan ketinggian mencapai pinggang orang dewasa.

Di lokasi lain, aliran sungai di Jembatan Blok Slambitan, Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, terpantau hingga mencapai badan jembatan.

Warga setempat, Amanah (45) mengatakan, ketika hujan tinggi dalam kurun waktu yang lama, sungai tersebut kerap meluap. Air luapan sungai tersebut, menurutnya, melewati sungai/kali mati.

Awalnya, kata dia, puluhan tahun yang lalu, aliran sungai dari Dukupuntang menuju Bondet, Kecamatan Gunung Jati yang melewati Kecamatan Jamblang  tersebut, telah diputus di Blok Buntalan Desa Orimalang, Kecamatan Jamblang untuk dialihkan ke arah lain di pinggiran permukiman warga Blok Slambitan, Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon dan Desa Bakung Kidul.

“Sebelumnya sih sungai itu dari Desa Orimalang langsung melintasi Desa Bakung Kidul. Kalau dulu memutar, mungkin tanggul pembatas yang di Orimalangan itu jebol,” katanya, Minggu (7/2/2020).

BACA JUGA: Warga Tegalgubug Temukan Mayat Tanpa Identitas

Menurutnya, peristiwa banjir tersebut sudah sering terjadi. Ia berharap, pemerintah bisa segera mengatasi persoalan tersebut.

“Sementara tidak bisa lewat, setiap banjir begini jalannya terendam. Surutnya tergantung, kalau di sana (Dukupuntang, red) hujannya reda ya mungkin di sini mulai surut,” ungkapnya. (Joni)

Comment