by

Tahapan Pilwu Dimulai

SUMBER, SC- Setelah melantik panitia Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon Kami hingga Jumat (7-8/8) mulai memberi pembekalan bagi para panitia. Pembekalan yang dipusatkan di dinas setempat tentang berbagai tahapan Pilwu serentak yang dalam tiga bulan.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD, Nanan Abdul Manan mengatakan, sesuai keputusan bupati Cirebon tentang tahapan Pilwu, pihaknya sudah memulainya dengan melantik Panitia Sebelas tingkat desa. Setelah pelantikan, tahapan berikutnya adalah pembekalan bagi panitia Pilwu.

“Hari ini (kemarin) dan besok (hari ini) tahapannya pembekalan. Tujuan dari pembekalan ini, pertama untuk menyamakan persepsi, kedua mari bersama-sama berpedoman kepada perbup dan yang ketiga menjaga netralitas,” ujar Nanan, kemarin.

Menurut Nanan, dalam pembekalan hari pertama, pihaknya hanya memanggil ketua panitia Pilwu. Kemudian, pada pembekalan selanjutnya dinas akan roadshow atau turun ke sepuluh titik yang sudah diagendakan.

“Nanti kita roadshow di zona atau sepuluh titik. Nanti kami dari dinas akan turun ke sepuluh titik itu,” kata Nanan.

Masih kata Nanan, roadshow itu materinya akan dibagi dalam tiga kali pertemuan. Pertama adalah penajaman materi terkait dengan pendaftaran pemilih, kedua penajaman materi tentang penjaringan-penjaringan.

Sedangkan penajaman materi ketiga ialah tentang pemungutan suara. “Nanti ada juga tugas-tugas panita yang terdekat yaitu penyusunan RAB, kemudian mereka memfalidasi DPT pilpres untuk menjadi DPS pilwu serentak,” jelas Nanan.

Selama ini, diakui Nanan, kekacauan yang terjadi dalam pesta demokrasi Pilwu itu berawal dari ketidaknetralan panitia atau keberpihakan panitia terhadap salahsatu calon. (Islah)